Ilisutrasi Ayah mengajari anak nya bersepeda

20 Alasan Mengapa Anak Anda Membutuhkan Anda Menjadi Bapa Yang Berperan Aktif

Peran bapa sangat penting dalam perkembangan anak-anak mereka, namun banyak bapa merasa ragu dengan tanggung jawab dan keistimewaan yang terkait dengan peran ini.  Anak-anak  membutuhkan bapa yang mencintai dan peduli kepada mereka secara konsisten. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bapa yang terlibat secara aktif dalam membesarkan anak-anak mereka memberikan  hasil yang positif dan langgeng dalam hidup mereka. Sebaliknya, bapa yang tidak terlibat secara aktif, anak anaknya berkembang secara negatif.

Di bawah ini adalah 20 alasan mengapa anak anda membutuhkan anda untuk menjadi seorang bapa yang aktif.
Menjadi seorang bapa yang aktif adalah:

  1. Memberi kesempatan kepada anak anda mengetahui bahwa anda mencintainya.
    Ungkapan cinta adalah tidak sekedar mengucapkan kata-kata : “Saya mencintai kamu”. Bapa yang mencintai anak-anak mereka menunjukkan kasih sayang kepada mereka dengan menyediakan sejumlah waktu yang berkualitas bersama-sama dengan anak-anak mereka. Anak-anak yang merasa dicintai akan berkembang dengan memiliki ikatan emosional yang lebih kuat dengan bapa mereka dan memiliki harga diri yang sehat.
  2. Menyediakan sumber finansial yang lebih besar pada anak anda.
    Hasil penelitian jelas menunjukkan bahwa keluarga dengan bapa yang berperan aktif, memiliki sumber finansial yang baik.  Ini berarti bahwa anak dengan bapa yang aktif memiliki akses terhadap sumber daya yang diperlukan untuk perkembangan yang sehat (misalnya : makanan, pakaian, tempat tinggal, kualitas perawatan medis).
  3. Menyediakan seorang model laki-laki yang berperan positif pada anak anda.
    Anak-anak, laki-laki maupun perempuan membutuhkan peran model yang positif. Anak-anak cenderung berperilaku sesuai dengan model (baik positif dan negatif) yang mereka lihat hal tersebut secara terus menerus. Bapa yang aktif dapat mempromosikan perilaku yang positif dengan memberi model dan teladan yang tepat untuk anak mereka.
  4. Memberikan dukungan emosional pada anak anda.
    Selain dukungan keuangan, anak-anak juga memerlukan dukungan emosional dari orang tua mereka. Bapa yang aktif mampu mendengarkan dan mendukung anak-anak mereka ketika mereka mengalami sukacita, kesedihan, kemarahan, ketakutan, dan frustrasi. Bapa yang memberi dukungan emosional kepada anak-anak mereka akan menjadikan anak-anak berkembang  secara harmoni dengan orang lain.
  5. Meningkatkan harga diri pada anak anda.
    Harga diri adalah cara seseorang memandang dan menilai dirinya. Anak-anak dengan harga diri yang bernilai positif cenderung lebih bahagia dan lebih percaya diri dari pada anak-anak dengan harga diri yang rendah. Bapa yang aktif berinteraksi dengan anak anaknya membangun mereka memiliki harga diri yang bernilai positif dan membuat mereka tahu bahwa mereka sangat dihargai.
  6. Meningkatkan perkembangan intelektual anak anda.
    Anak-anak yang bertumbuh dengan bapa yang terlibat aktif dalam keluarga cenderung meraih prestasi lebih tinggi dibidang bahasa maupun matematik, dan menunjukkan kemampuan memecahkan masalah dan ketrampilan sosial lebih baik.
  7. Memberikan bimbingan dan disiplin pada anak anda.
    Sejak bayi, anak-anak perlu bimbingan dan disiplin. Bapa yang berperan aktif  dalam keluarga memainkan peran penting dalam mengajar anak-anak mereka tentang perilaku yang  sehat dengan menerapkan disiplin secara tepat.
  8. Memberikan diri menjadi teman bermain anak anda.
    Salah satu cara yang baik untuk mengembangkan ikatan emosional dengan anak adalah bermain bersama anak. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan secara kualitatif antara cara bermain bapa dan ibu dengan anak mereka. Bapa cenderung bermain secara fisik ( misalnya gulat, sepak bola) yang memberikan sejumlah manfaat bagi anak, termasuk meningkatkan kemampuan kognitif.
  9. Memberikan diri menjadi teman bicara anak anda.
    Anak-anak kecil penuh dengan pertanyaan. Rasa ingin tahu yang berkembang dalam dirinya membuat mereka belajar tentang lingkungan mereka. Bapa yang aktif dapat menjadi sumber informasi berharga bagi anak-anak yang membutuhkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penting tentang kehidupan ini.
  10. Meningkatkan peluang keberhasilan akademis pada anak anda.
    Anak-anak yang bapanya aktif terlibat dalam kehidupan mereka cenderung memiliki keberhasilan akademik dari pada anak-anak yang bapanya tidak terlibat secara aktif. Keberhasilan akademik dapat terus diperoleh sampai dewasa.
  11. Memberikan perspektif yang lain terhadap kehidupan pada anak anda.
    Penelitian menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan berbeda dalam gaya pengasuhan mereka, namun gaya yang satu tidak selalu lebih baik dari pada lainnya. Namun demikian perbedaan tersebut mengajarkan kepada anak suatu pengalaman yang sehat, yaitu suatu perspektif kehidupan yang lain, seperti kehidupan sebagai seorang bapa.
  12. Menurunkan kemungkinan melakukan aktivitas seksual dini pada anak anda.
    Anak-anak dengan bapa yang berperan aktif lebih kecil kemungkinannya terlibat dalam aktivitas seksual dini, sehingga peluang mereka untuk mengalami kehamilan pada usia dini sebelum menikah dan penyakit menular seksual menjadi berkurang.
  13. Menurunkan kemungkinan mengalami kegagalan sekolah anak anda.
    Anak-anak dengan bapa yang berperan aktif lebih kecil kemungkinannya untuk putus sekolah.
  14. Menurunkan kemungkinan untuk bunuh diri pada usia muda pada anak anda .
    Anak-anak dengan bapak yang berperan aktif lebih kecil kemungkinannya untuk melakukan bunuh diri.
  15. Menurunkan kemungkinan terlibat pada kenakalan remaja.
    Manfaat memiliki seorang bapa yang berperan aktif pada tahun-tahun awal kehidupan anak dapat berlanjut hingga masa remaja. Anak-anak dengan bapa yang berperan aktif lebih kecil kemungkinannya melakukan tindak kejahatan daripada anak-anak dengan bapa yang tidak berperan aktif.
  16. Menurunkan kemungkinan terlibat pada tindak kejahatan dewasa.
    Kemungkinan seorang anak melakukan tindak kejahatan seperti orang dewasa juga berkurang ketika ia tumbuh berkembang dengan seorang bapa yang berperan secara aktif.
  17. Memberikan rasa aman baik fisik maupun emosional bagi anak anda.
    Salah satu manfaat utama yang dapat diberikan oleh bapa yang berperan aktif kepada anak-anak adalah rasa aman (baik fisik maupun emosional). Dengan berperan aktif dalam kehidupan anak, seorang bapa menerapkan hubungan saling mempercayai, sehingga anak merasa aman dan tidak perlu khawatir bila ditinggalkan.
  18. Memfasilitasi perkembangan moral anak anda.
    Setiap anak-anak membutuhkan sebuah panduan moral untuk membimbing mereka ketika mereka menghadapi pilihan moral yang sulit. Bapa dan ibu, membantu anak anak mereka untuk mengembangkan pemahaman “benar-salah” yang berfungsi sebagai dasar untuk membangun karakter moral.
  19. Mempromosikan identitas gender yang sehat pada anak anda.
    Anak-anak mengambil manfaat dengan memiliki peran model yang sehat dari bapa-ibu mereka, yaitu peran laki-laki dan perempuan. Penelitian menunjukkan fakta bahwa ibu dan bapa mensosialisasikan peran tersebut dalam berbagai cara pada anak-anak mereka. Bapa yang berperan aktif akan membantu anak-anak mereka, terutama anak laki-laki, untuk mengembangkan pemahaman yang sehat tentang makna menjadi seorang laki-laki.
  20. Membantu anak anda belajar keterampilan hidup.
    Sebagian besar keterampilan hidup yang penting agar anak dapat bertahan hidup mulai dipelajari di dalam rumah. Bapa yang berperan aktif memiliki kesempatan unik untuk mengajar anak-anak mereka suatu keterampilan yang berharga sehingga memungkinkan mereka untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat dan produktif.

Bapa-bapa, anak-anak anda membutuhkan anda! Buatlah komitmen untuk menjadi seorang BAPA SEPANJANG KEHIDUPAN (BSK). Anak-anak anda akan mendapatkan manfaat yang besar dari keterlibatan anda dalam hidup mereka.

Sumber : Tim BSK Nasional

 

Apa reaksi Anda tentang artikel ini ?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

GBI Bethany Kotamobagu Gelar Ibadah Pra Natal 2019

RELIGI KRISTEN, BULAWANEWS.COM – Gereja Bethel Indonesia (GBI) Bethany Kotamobagu, Menggelar Ibadah Pra Natal bertempat ...