Temu Ketum BPH GBI Bersama Media Kristiani

Silaturahmi antara Ketua Umum BPH GBI bersama Wartawan media cetak dan online dilaksanakan di Graha Bethel, Jakarta (Rabu, 12/7). Menurut Pdt. Dr. Japarlin Marbun, pertemuan ini guna mempererat hubungan dan komunikasi antara BPH GBI dengan para wartawan.

Hadir mendampingi Pdt. Japarlin Marbun, masing-masing Pdt. Naftali Untung, MTh (Sekretaris II), Pdt. Paul R. Widjaya (Sekretaris Umum), Pdt. Ir. Suyapto Tandyawasesa, MTh (Bendahara Umum).

Sementara itu, para wartawan hadir terdiri dari Radio FM RPK (Argopandoyo) selaku moderator, Majalah Gaharu, www.warningtimes.com, Mitra Indonesia, www.reformata.com, onlinekristen.com, Majalah Victorius GBI REM, Majalah Bahana, Majalah Inspirasi, Majalah Narwastu, www.portalkata.id.

Selanjutnya, Ketum BPH mengatakan BPH GBI pada tahun 2017 ini fokus pertama kepada penuaian jiwa-jiwa sesuai dengan Injil Matius 28 : 19-20.Selain itu, peningkatan pelatihan-pelatihan di berbagai bidang seperti kepemimpinan, keluarga, dan lain-lain. “Maju mundurnya suatu gereja ditentukan oleh kepemimpinan (pemimpin) gereja,” tegas Ketum BPH.

Fokus kedua BPH GBI imbuh Pdt. Japarlin yaitu  kaderisasi kepemimpinan (pemimpin) muda. Menurut pandangannya, saat ini tantangan gereja semakin berat. Hal itu disebabkan perubahan (tatanan) sosial dan gereja dituntut pula semakin bergerak dengan dinamis. Suatu perubahan itu penting sebab jika sebuah organisasi terlambat mentransformasi diri, maka akan ditinggalkan orang.

“Dulu sebuah organisasi mempunyai produk-produk unggulan, namun kini bisa ditinggalkan orang (jika tidak melakukan transformasi). Pilihannya hanya dua yakni “Berubah atau Mati”. Di bidang pelayanan gereja, yang kuat musti menguatkan yang lemah,” ujarnya.

Dalam upaya mempersiapkan penuai-penuai yang handal, salah satu langkah yang telah dilakukan BPH GBI bekerja-sama dengan pihak terkait yaitu membuka SMPD (Sekolah Misi Pembangunan Desa) di beberapa Propinsi di Indonesia.

Di bidang keuangan, lanjut Pdt. Japarlin Marbun pihak Biro Keuangan BPH GBI telah meluncurkan sistem “Virtual Account” dengan menggandeng pihak BRI. Sistem ini pihak pengirim persembahan persepuluhan ketika mengirimkan persembahan tersebut bebas biaya.

Selain itu, pihak pengirim langsung menerima pemberitahuan jika (transfer) persembahan telah masuk ke rekening BPH GBI. Melalui sistem ini maka keuangan menjadi transparan, mudah dilakukannya monitoring dan ada peningkatan penerimaan persembahan perpuluhan.

Pihak BPH GBI di Jakarta telah mengembalikan persembahan persepuluhan yang diterima dari BPD-BPD di daerah ke BPD sebesar 20-30 persen. “Penerimaan keuangan BPD-BPD yang terbesar berasal dari pengembalian persembahan perpuluhan itu,” tegasnya.

Di bidang alat transportasi, guna memperlancar pelayanan BPD-BPD dan gereja lokal GBI se Indonesia, BPH GBI menyalurkan mobil Dhaihatsu Grand Max, persembahan dari GBI REM Jakarta secara rutin pada setiap bulan (Gembala Pdt. Abraham Conrad Supit) dan roda dua (motor), persembahan dari GBI Gatot Subroto Jakarta.

Sebagai tambahan informasi, Pdt. Japarlin Marbun mengatakan bakal ada acara “Pastor Conference” di Jakarta pada tanggal 24-26 Juli 2017 dengan tema “Gereja yang Sehat Pasti Bertumbuh”. Menutup keterangannya, Pdt. Japarlin menyatakan GBI diminta gereja-gereja non GBI untuk menjadi konsultan untuk mengembangkan (pelayanan) gereja melalui cara fathering, mentoring dan lain-lain.

Sementara itu, Sekretaris II BPH GBI menyampaikan perkembangan kinerja BPH GBI salah satunya tentang pembenahan SDM (Sumber Daya Manusia), up-date pendataan pejabat GBI. Selanjutnya, Pdt. Naftali Untung menambahkan di persidangan tingkat Propinsi/Kabupaten Kota ada SMD (Sidang Majelis Daerah) dan Sidang BPLN (khusus pejabat GBI di manca negara, Red).

“Kini persidangan itu semakin berbobot, banyak gembala (pejabat) GBI yang hadir karena diisi beragam kegiatan, salah satunya pembinaan-pembinaan seperti kepemimpinan,” katanya.

Perlunya pendekatan dengan tokoh-tokoh masyarakat dan para pemuka agama-agama serta Pemeritah setempat perlu dilakukan secara rutin. Sehingga jika ada permasalahan di lapangan bisa diselesaikan bersama-sama, hal itu merupakan pesan dari Sekum BPH GBI.

“Jika ada berita-berita, silahkan cek (kebenarannya,Red) dan mari kita bersama memberikan solusi yang terbaik,” pesan Pdt. Paul R. Widjaya.Acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab seputar pelayanan BPH GBI dan kabar terkini di lapangan. Ramah tamah menutup rangkaian silaturahmi ini.

Beberapa rangkaian kegiatan-kegiatan GBI : 1. Pastor Conference : 24-26 Juli 2017. 2. Konggres Nasional DPA BPH GBI : 29-31 Agustus 2017. 3. Rakornas BPH GBI : 29-31 Agustus 2017.Mohon dukungan doa agar persiapan dan pelaksanaan acara bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Sumber Berita Bethel

 

Apa reaksi Anda tentang artikel ini ?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

GBI Bethany Kotamobagu Gelar Ibadah Pra Natal 2019

RELIGI KRISTEN, BULAWANEWS.COM – Gereja Bethel Indonesia (GBI) Bethany Kotamobagu, Menggelar Ibadah Pra Natal bertempat ...