Tommy : Program PTSL BPN Tidak Sepenuhnya Gratis

Bolmong, Bulawanews.com – Program  Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilaksanakan Badan Pertanahan Nasional (BPN) digaungkan gratis. Namun kenyataannya, tidak sepenuhnya gratis karena ada beberapa hal yang harus dibayar oleh masyarakat. “Dalam prosesnya memang ada hak dan kewajiban, masyarakat memang gratis dalam biaya pengurusan administrasi sampai dengan sertifikat,” kata  Kepala Kantor (Kakan) BPN Bolmong Tommy Massie, SH, Kamis (30/11/2017).

Menurut Tommy, dalam proses pengurusan sertifikat, ada biaya yang ditanggung oleh pemerintah melalui APBN dan ada pula yang ditanggung oleh pemohon PTSL. Diantaranya Biaya Materai, Pemasangan Patok Batas, Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB), dan Pajak PHTB dan itu dibayar oleh yang bersangkutan dan tidak gratis, mengingat hal tersebut adalah kewajiban.

“Jadi memang ada porsi yang harus dibayar oleh masyarakat dan itu resmi,” tegas Tommy kepada bulawanews.com di kantornya.

Lanjut Kakan, adapun biaya yang ditanggung oleh pemerintah meliputi  Penyuluhan, Pengumpulan Data (alat bukti/alas hak), Pengukuran Bidang Tanah, Pemeriksaan Tanah, Penerbitan SK Hak, Penerbitan Sertifikat, serata Supervisi dan Pelaporan. Jadi, masyarakat jangan salah mengartikan tentang pengurusan PTSL gratis seperti yang disampaikan pemerintah pusat, baik melalui media cetak, maupun online.

“Selain yang telah disebutkan diatas, jika ada yang meminta bayaran, jangan sungkan untuk datang melapor ke kantor BPN,” tegas Tommy. (Man)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Demi Kemanusiaan, HMI Serukan Seluruh Aleg di BMR Berbesar Hati Geser Dana Perjalanan Dinas

KOTAMOBAGU,,BULAWANEWS.COM – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bolaang Mongondow Raya (BMR) Irwanto Mamonto, ...