Bagian Tapem Siapkan Administrasi Untuk Dua Petahana

Kotamobagu, Bulawanews.com – Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Bagian Tata Pemerintah Kota Kotamobagu tengah mempersiapkan adminstrasi dokumen untuk Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu Tatong Bara dan Jainddin Damopolii jika keduanya ditetapkan sebagai calon walikota oleh KPU maju di PIlkada.

Berdasarkan jadwal tahapan Pilkada 2018 yang ditetapkan KPU, petahana harus menyerahkan surat cuti dari jabatannya di bulan Februari 2018.

“Dasar hukum aturan ini adalah UU No. 10 dan PKPU sebagai aturan tentang pencalonan bagi petahana  ketika mereka ditetapkan sebagai calon tentu harus cuti.oleh karna itu kita sudah siapkan administrasi untuk cuti,” kata Anas.

Menurutnya, Ia untuk cuti kampanye akan diajukan setelah ada jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pihaknya akan berkoordinasi dengan KPU untuk mengurus cuti kampanye.

“Terkait yang semua berhubungan dengan ini biasanya bagian Biro Pemerintahan Provinsi juga akan meminta jadwal tahapan Pilwako. Nanti setelah itu, baru pihak Pemprov yang akan memberi tembusan ke Kemendagri,”

“Sesuai informasi jadwal yang ada, diperkirakan akan cuti kampanye pada 13 Februari 2018 mendatang , dan penetapan calon direncanakan pada 12 Februari,”

“Sehari setelah penetapan, petahana sudah harus cuti.kemungkinan 13 Februari,” imbuhnya

Setelah cuti kampanye, akan ada Pjs yang akan menggantikan, posisi Walikota selama cuti kampanye. Olehnya, dua hari sebelum kampanye, incumbent harus sudah punya izin.

KPU menetapkan syarat kepada para gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota  yang sementara menjabat jika ingin maju kembali pada Pilkada 2018, harus menyerahkan surat cuti dari jabatannya.

Sedangkan, bagi ASN jika ditetapkan sebagai peserta pemilu, harus menyertakan surat keterangan pengunduran diri sebagai ASN. Dasar hukum aturan ini adalah UU No. 10 dan PKPU tentang pencalonan. (*)

 

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Nekat Melaut Cuaca Buruk Seorang Nelayan Hilang Ditengah Lautan

BOLMUT, BULAWANEWS.COM – Nasib tragis dialami nelayan warga Desa Telaga  Kecamatan Bintauna, Kabupaten Bolaang Mongondow ...