Pemerhati Budaya Daerah Sangihe, Yusti Mangembulude, SH

Pentinganya Melestarikan Budaya, Tahun Depan Pemkab Bolmong Bakal Gelar Festival Adat Tulude

Bolmong, Bulawanews.com – Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) selain terkenal dengan sumberdaya alam yang melimpah, juga dikenal dengan keberagaman suku dan budaya. Salah satunya perayaan adat Tulude yang biasa dilakukan setiap awal tahun sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

Untuk itu, dalam rangka melestarikan budaya tersebut, Bupati Bolmong Yasti S. Mokoagow berencana menggelar festival Tulude tahun 2019.

“Bupati merencanakan tahun depan akan melaksanakan even Festival Tulude dan Massamper tingkat Provinsi Sulut yang dilaksanakan di Bolmong,” ujar Ebhi Suangi, Kasubbag Humas dan TUP dikutip dari manado.tribunwes.com

ISTIMEWA

Hal senada disampaikan pemerhati budaya daerah Sangihe, Yustin mangembulude. SH saat bersua dengan bulawanews.com, Rabu (24/01) di Lolak membenarkan, bahwa sesuai dengan permintaanya kepada Bupati untuk menyelengarakan festival Tulude tahun depan sebagai bentuk pelestarian budaya telah diaminkan oleh Bupati.

“Pada perayaan Tulude yang diselengarakan di desa Pangi, Sang tombolang beberapa waktu lalu, saya mengusulkan kepada ibu Bupati untuk menggelar Festival Tulude tahun depan, dan puji syukur beliau sangat merespon baik, dan menjadwalkan tahun depan akan ada even tersebut,” ujar Yustin.

Yustin menambahkan, sebagai pemerhati budaya dirinya sangat bangga dengan sikap Bupati Yasti yang peduli akan budaya, sebab dengan adanya dukungan dari pemerintah , adat budaya leluhur kita tetap terjaga.

“Bahkan untuk memperlancar kegiatan tersebut, anggaranya akan ditanggung oleh pemkab bolmong. Ini bukti bahwa pemerintahan serius dalam memperhatikan kelestarian budaya kita,” tutup Yustin. (Salman)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Tatong Terima Kunker BPKP Sulut

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, menerima kunjungan kerja Kepala Badan ...