Siswa sedang mengikuti Simulasi UNBK, (foto/melky)

Hadapi Kendala, Simulasi UNBK 2018 di SMK Negeri 1 Talaud Tetap Dilaksanakan

Talaud, Bulawanews.com – Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)/ Computer Based Test (CBT) rencannya akan dilaksanakan serentak mulai Senin, 5 Maret – Rabu, 7 Maret 2018.

Kesiapan dan ketersediaan sekolah dalam melaksanakan Simulasi UNBK, nampak terlihat semangat para siswa di SMK Negeri 1 Talaud saat mengikuti Simulasi UNBK yang ke-3 pada Senin (5/3/2018).

Simulasi tersebut diikuti oleh 39 Peserta; XII TKBB 8 siswa, XII TKK 4 siswa, XII TITL 4 siswa, XII TKJ 12 siswa, XII

Dengan terdiri dari Busana Butik 3 siswa, XII Akuntansi 8 siswa. Sedangkan untuk mata pelajaran yang diikuti ada 4 yaitu: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Produktif/ mata pelajaran yang sesuai dengan kejuruan masing-masing siswa.

Terkait pelaksanaan tersebut, SMK N. 1 Talaud melalui Wakasek Urusan Kurikulum Drs. Porkorus Menggasa, mengatakan bahwa pihak sekolah sudah mempersiapkan semuanya dengan matang sebelum pelaksanaannya. Mulai dari kesiapan secara teknis maupun kesiapan dari peserta UNBK.

“Sejak Januari sudah dilaksanakan pengayaan yang ditempu oleh pihak sekolah. Kalau untuk kesiapannya, dari pihak sekolah atau guru-guru sudah berusaha semaksimal mungkin kurang tergantung dari siswanya itu.”ungkap Menggasa.

Lebih jauh, dirinya menggungkapkan ada beberapa kendala terkait pelaksanaan UNBK ini, antara lain dengan ketidakhadiran peserta saat mengikuti simulasi UNBK, kemudian kendala pada teknis pelaksanaannya yaitu jaringan internet yang kurang baik dan kendala yang paling krusial adalah masalah Listrik dan jaringan Internet

“Seperti halnya pada hari ini ada siswa yang tidak hadir. Pada UNBK tahap dua akan mencari siswa-siwanya sebagai bagian tanggungjawab sekolah demi anak didik dan target kelulusan dari pihak sekolah adalah 100%.”

“Seperti hari ini kan terpaksa harus konfirmasi ke PLN. Ini kan baru 5 menit lalu menyala. Sehingga pelaksanaannya yang sesungguhnya 1 jam lalu, ya terpaksa molor karena semua-semua tergantung pada Listrik serta masalah lain jaringan internet,”Imbuhnya

Dari pelaksanaan Simulasi UNBK ini, kedepannya pihak SMK Negeri 1 Talaud berharap agar mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat untuk menunjang masalah pendidikan yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Harapannya kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini yang menangani masalah pendidikan, tentunya diharapkan seperti SMK 1 Talaud, yah sebisanya sudah punya tower sendiri tanpa harus nebeng. Supaya kedepan nantinya pelaksanaan seperti UNBK bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya

Pantauan Bulawanews.com sekalipun sempat menghadapi kendala dan tertunda hampir 1 jam karena ada pemadaman listrik dari pihak PLN, namun Simulasi UNBK ke-3 di SMK Negeri 1 Talaud tetap dilaksanakan dan berjalan lancar. (Melky Tumpia)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Wali Kota Tatong Bara ‘Teken’ MoU Bersama Bank SulutGo

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Bank SulutGO, menerima kembali pelayanan pembayaran gaji dan tunjangan ASN Pemot Kotamobagu ...