Ilustrasi

Kota Selatan Salah Satu Penghasil Buah di Kotamobagu

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Kecamatan Kotamobagu Selatan (Kotsel), sepertinya kedepan akan menjadi wilayah penghasil buah-buahan di daerahnya. Dimana, semua desa/kelurahan di Kecamatan tersebut, diwajibkan menanam buah-buahan yang bernilai ekonomis.

 Program itu pun saat ini sudah mulai jalan, buktinya pantauan di Desa Kopandakan Satu semua warganya dibagikan bibit buah mangga oleh pemerintah desa setempat untuk ditanam dipekarangan rumah. Program ini muncul pada  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) beberapa waktu lalu,  kecamatan ini mengajukan diri menjadi wilayah penghasil buah unggulan.

Camat Kotsel, Hamdan Mokoagow, mengatakan program ini mewajibkan desa/kelurahan harus memiliki tanaman buah-buahan. “Contoh Desa Poyowa Besar I dan II. Di sana akan dikembangkan buah durian. Jadi semua masyarakat menanam minimal dua pohon durian. Bibitnya pemerintah desa yang siapkan. Nanti beberapa tahun ke depan, akan ada buah durian khas Poyowa Besar. Begitu juga di Desa Kopandakan Satu dikembangkan buah mangga,” ungkap Hamdan, Rabu (23/05/2018).

Lanjutnya, kelurahan/desa lain juga akan disiapkan bibit tapi bukan durian, buah lain. “Sehingga ke depan kalau cari buah-buahan, semua ada di Kotamobagu Selatan,” katanya.

Untuk pengadaan bibit, sudah diusulkan ke Dinas Pertanian. Pasalnya, di kelurahan tidak ada anggarannya.

“Kalau di desa, pengadaan bibit dianggarkan lewat dana desa,” pungkasnya. (**)

 

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Menangkan BERKAH Dan OD-SK Di Bolsel, Nayodo Koerniawan Turun Lansung Kampanye.

POLITIK, BULAWANEWS.COM – Nayodo Kurniawan turun lansung berkampanye untuk menangkan Pilkada Bolaang Mongondow (Bolsel) dan ...