Stand Produk UKM Pada Kegiatan Regional di Hotel Sutan Raja, Kamis (12/4/2018) (foto/juita)

Disperindagkop UKM Kotamobagu Dorong Pelaku Usaha Gunakan Medsos Untuk Promosi

Kotamobagu, Bulawanews.com – Para pelaku UKM didorong untuk menggunakan media sosial sebagai cara mudah untuk menjangkau pasar serta memasarkan produk-produknya. Karena media sosial (Medsos) diyakini dapat membantu pelaku UKM meningkatkan penjualan. 

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kotamobagu, Herman Aray melalui Kepala Bidang Koperasi UKM, Moh Yamin Paputungan mengatakan media sosial (medsos) bisa menjadi sarana promosi yang tepat dan menciptakan jaringan pembeli tersendiri, serta dapat meningkatkan penjualan produk. “Dengan memanfaatkan Medsos, mampu menciptakan jaringan usaha atau network. maka akan lebih mempermudah jarak, ruang dan waktu,”ujarnya, Kamis (12/4/2018) disela-sela kegiatan pameran produk UKM di kegiatan seminar regional oleh Komite I DPD RI di Hotel Sutan Raja

Paputungan berpendapat melalui medsos, pelaku UKM tidak lagi membutuhkan ruang yang besar untuk memajang produknya. Pelaku UKM bisa menjual produknya dari mana saja tanpa hambatan. 

“Hanya saja, medsos hanyalah sebagai sarana.Tetapi UKM harus memiliki pengetahuan dasar yang kuat serta strategi managemen dalam berbisnis,” tambahnya.

Menurutnya terdapat beberapa hal yang harus dimiliki UKM ketika menjual produk secara online. Pertama, menjaga sikap dan perilaku dalam ber-medsos.

“Memasarkan produk-produknya secara jelas dan transparan jangan berbohong akan produknya, Misalnya pengiriman barang cepat faktanya 1 minggu, Harus komitmen dengan service yang ditawarkan serta mengontrol ketersediaan barang dalamstok,”imbuhnya.

“Yang tak kalah penting adalah ciptakan brand dan merek produk yang mudah diingat. Setelah itu, UKM harus mampu menjaga kepercayaan konsumennya. Sedikit saja kesalahan, bisa menghancurkan semuanya,” paparnya.

Sementara itu Kadis Disperindagkop UKM Herman Aray mengingatkan pentingnya UKM perlu melindungi produk dengan mengurus hak cipta selain gunakan Medsos untuk promosi. “Sebelum merilis produk ke pasaran, sebaiknya mengurus hak cipta dan mereknya agar tidak dijiplak pihak lain. Terutama bagi UKM dengan produk kreatifnya,” tutupnya (Juita)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Arthur Piri Jabat Kasi Intel Kejari Kotamobagu

HUKRIM, BULAWANEWS.COM – Jabatan kepala seksi (Kasi) Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotamobagu diserahterimakan dari Suhendro.G. ...