Tarian Adat dan Musik Khas Talaud Meriahkan 1 Tahun Pemilu Serentak 2019

Talaud, Bulawanews.com – Dalam rangka menyongsong satu tahun Pemilu Serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kepulauan Talaud menggelar kegiatan akbar Pagelaran Seni dan Budaya bertempat di Lapangan Sangkudiman, Melonguane, Sabtu (21/4/2018) kemarin.

Dengan mengambil tema “Melalui Pagelaran Seni Budaya Membangun Pemilih Berdaulat Guna Mensukseskan Pemilu Serentak 2019”. Kegiatan ini berlangsung meriah walaupun sempat diguyur hujan deras.

Ketua KPU Talaud Dra. Velma Sumee mengatakan, tujuan kegiatan in adalah menyongsong Pemilu 2019 serta membangun pemilih yang berdaulat dan pemilih yang berintegritas guna mensukseskan Pemilu Serentak tahun 2019.

“Momentum pagelaran seni dan budaya serentak dilaksanakan se-Indonesia untuk menyadarkan serta mengajak kepada seluruh warga masyarakat bahwa demikian didalamnya negara ini diperjuangkan,”ucapnya

Lanjutnya, melalui kegiatan ini, hendaklah membangunkan kepada kita akan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia dalam Pemilu Serentak.

“Pemilu 2019 akan dilaksanakan tanggal 17 April, mari kita jadikan Pemilu yang berdemokratis, Pemilu yang sehat dan menjamin keamanan, kesejahteraan masyarakat terlebih khusus di Bumi Porodisa yang kita cintai ini. Saya mengajak kepada kita semua untuk berpartisipasi mensukseskan Pemilu serentak di tahun 2019,”tandas Sumee

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Kader Talenggoran menambahkan, Pagelaran Seni dan Budaya dalam menyongsong satu tahun Pemilu serentak 2019 adalah sebuah ide, gagasan, konsep dari KPU untuk menyampaikan pesan-pesan Pemilu,  pesan-pesan demokrasi kepada masyarakat agar mudah untuk dicernah.

“KPU sudah punya pola yang lebih memasyarakat, lebih ke aras bawah, tidak hanya lewat kegiatan-kegiatan yang bersifat program. Tapi, KPU telah mendesain kegiatan yang meningkatkan unsur adat, budaya, Pariwisata, Pendidikan dan lainnya dengan tujuan mudah dipahami dan diterima masyarakat,”tambahnya

Ia juga menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir dan mendukung kegiatan tersebut. Diketahui kegiatan tersebut diramaikan dengan berbagai tarian adat yang merupakan ciri khas dari masyarakat Talaud yang dipentaskan oleh pelajar. Diantaranya; Tarian Menenun Abaka, Tarian Wuundaren “Cinta Di Persimpangan Jalan”, Tarian Beladiri, Musik Bambu Entel, Tarian Manduru U’Tonna dan Tarian Malente Modern.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Tata Pemerintahan dan Kesra Drs. Alex Sahadula, Komisioner KPU Divisi Teknis Rahma Zakawerus, Komisioner KPU Divisi Hukum Mexny Tamaroba, Komisioner Panwaslu Talaud Raimond Manangkabo, Sekretaris KPU Nelwan Maloring, Forkopimda, perwakilan dari Partai Politik dan tokoh agama. (Melky Tumpia)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Bosan Ingin Varian Rasa Martabak Lainnya, Ayo Coba Martabak Ketan Buatan Mas Hasan.

POTENSI, BULAWANEWS.COM – Martabak manis banyak disukai karena rasanya enak. Dengan toping coklat, kacang juga ...