Plt Bupati Talaud Petrus Simon Tuange, S.Sos., M.Si di kegiatan Orientasi Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 di Aula Bapelitbang, Senin (21/5/2018).

Pemkab Talaud Tekankan Beberapa Hal Dalam Penyusunan RPJMD 2019-2024

Tuange: Program Daerah Harus Sinkron Dengan Provinsi dan Pusat

TALAUD, BULAWANEWS.COM – Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange, S.Sos., M.Si memberikan arahan sekaligus menyampaikan beberapa hal saat membuka kegiatan Orientasi Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 di Aula Bapelitbang, Senin (21/5/2018).

Orientasi RPJMD yang dilakukan merupakan pelaksanaan amanat Undang-undang sehingga menjadi kewajiban bersama.

“RPJMD merupakan penjabaran dari visi misi dan program kepala daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJM Provinsi dan memperhatikan RPJM Nasional,”ujar Tuange

Mengenai perencanaan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Talaud (kata Tuange), harus sinkron dengan program pembangunan Pemerintah Provinsi dan Pusat.

“Perhatikan sinkronisasi antara perencanaan pembangunan nasional maupun provinsi. Setiap RPJMD baik provinsi maupun kabupaten mampu mengakomodasi program-program yang di gariskan secara nasional,” katanya

Beranjak dari hal tersebut, Untuk memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum program perangkat daerah dan program kewilayahan sertai dengan rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi pendanaan yang bersifat indikatif.

“Apa yang direncanakan saat ini adalah muatan-muatan yang akan dipakai membangun Talaud lima tahun mendatang. Karena itu, kita sangat berharap agar dalam penyusunan fokus pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya prioritas untuk membangun dan menggerakkan kabupaten,”tegasnya

Ia pun berharap, dalam meramu RPJMD Kabupaten Talaud lima (5) tahun kedepan supaya tetap sinkron untuk skala prioritas pembangunan nasional dan provinsi agar terjabarkan di kabupaten kota.

Orientasi Penyusunan RPJMD ini turut dihadiri Sekdakab Talaud Adolf Binilang, Asisten I, II dan III Setkab Talaud, Kepala Bapedda Provinsi Sulut yang diwakili Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Syaloom Korompis, SP., M.Sc, Kepala Bapelitbang Yohanis B. K. Kamagi, AP., M.Si, para pejabat esselon II lainnya serta anggota DPRD Talaud.(Melky Tumpia)

 

 

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Peringatan Serius:Lahan Pemakaman Bagian Bawah Penuh, Penguburan Jenazah Dilarang !

BULAWANEWS.COM, KOTAMOBAGU – Perkuburan Lokuyu di Kelurahan Kotabangon Kecamatan Kotamobagu Selatan Kota Kotamobagu Provinsi Sulawesi ...