Ketua KPU Dan Panwaslu Kabupaten Talaud Monitoring TPS

POLITK, BULAWANEWS.COM – Demi lancarnya pelaksanaan Pesta Demokrasi di Kabupaten Kepulauan Talaud, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Talaud, Dra. Velma Sumee bersama Komisioner dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jekman Wauda, SS dan anggota melakukan monitoring ke beberapa tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kecamatan Melonguane, Rabu (27/6/2018) kemarin.

Dalam monitoring tersebut, ditemukan beberapa TPS yang kehabisan surat suara serta ada juga KPPS yang tidak berada ditempat saat Pemilihan sedang berlangsung.

Melihat situasi kondisi seperti itu, KPUD bersama Panwas langsung menanggulangi hal tersebut, agar pelaksanaan pencoblosan bisa berjalan lancar.

“Walau terkadang didapati ada saksi pasangan calon yang tidak berada di tempat ataupun berada jauh dari tempat pemungutan suara,”ujar Ketua KPUD Velma Sumee.

Ia mengatakan, Dari hasil monitoring, pelaksanaan pencoblosan berlangsung lancar.

“Masyatakat terlihat antusias mencoblos. Hal itu terlihat dari jumlah kehadiran di TPS,”tambah Sumee

Sementara itu, Ketua Panwaslu Talaud Jekman Wauda, membenarkan hal tersebut. Wauda mengatakan, bahwa pihaknya turun ke beberapa TPS untuk mengawasi secara langsung proses pencoblosan.

“Tujuannya guna meminimalisir terjadinya kesalahan atau adanya perselisihan dalam pelaksanaan pencoblosan. Sesuai yang terpantau semua tampak lancar,”jelas Wauda

Dari hasil pantauan Bulawanews.com, khusus di Kecamatan Melonguane, masih banyak warga yang tidak menerima undangan (C-6) sehingga tiba di TPS hanya bermodalkan KTP.

“Saya tidak dapat undangan. Dari pagi duduk dirumah menunggu ada yang bawa undangan namun tak kunjung datang. Saya tetap datang ke TPS walaupun hanya bermodalkan KTP. Di beri ruang memilih tapi diatas pukul 12.00 Wita. Satu jam saja,”ucap Arnold, salah satu warga yang berhsil diwawancarai di TPS.

Diketahui, di Kabupaten Talaud ada 201 TPS dari 153 Desa dan Kelurahan. (Melky Tumpia)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Wali Kota Buka Bimbingan Teknis Manajemen Keselamatan Konstruksi

BULAWANNEWS.COM,KOTAMOBAGU-Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara membuka pelaksaaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Keselamatan Konstruksi ...