Tim Konsultan Pengawas Independent - Elyas George Serpara (ketiga dari kiri, saat berbincang dengan Kadis Kominfo Sulut di depan Terminal Station (TS) di Desa Mala, Kecamatan Melonguane.(foto/melky)

Di Kabupaten Talaud Berharap Secepatnya Kabel Optik Bisa Di Fungsikan

TALAUD, BULAWANEWS.COM – Permasalahan jaringan Internet dan Telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Talaud hingga kini masih menjadi masalah yang paling krusial.

Mengapa tidak, karena hingga kini masyarakat terus menantikan jaringan internet yang baik dan lancar untuk menunjang berbagai aktifitas masyarakat baik Pemerintahan, Pendidikan, Dan berdampak positif pada perputaran bisnis yang bisa meningkatkan perekonomian di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kehadiran PT. Surveyor Indonesia dipercaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Talaud dalam hal ini Diskominfo untuk pengawasan, percepatan dan penyelesaian pengelaran Kabel Optik Palaparing Paket Tengah di seluruh wilayah Indonesia khususnya di pulau-pulau terluar membawa angin segar bagi masyarakat yang ada di ujung utara NKRI ini.

Melalui, Konsultan Pengawas Independent Outsite Plan Marine Coordinator PT. Surveyor Indonesia, Elyas George Serpara, mengatakan Pengoperasian Internet di Kabupaten Kepulauan Talaud belum dapat diberikan kepastiannya, tetapi targetnya tahun 2019 sudah mulai beroperasi diseluruh Palaparing Paket Tengah di Manado dan sekitarnya.

“Untuk jangka waktu pelaksanaan proyek ini, kami dari tim KPI (Konsultan Pengawas Independent), setelah meeting dengan beberapa client kami di kominfo, itu ada masa kontruksi selama 18 Bulan.

Nanti setelah masa kontruksi habis, ada masanya Operasional dan Maintenance (O & M) selama 15 tahun. Setelah 15 tahun, nanti proyek ini akan diserahkan ke Pemerintah,”ujar George kepada Bulawanews.com

Lanjutnya, Dalam proyek ini, sudah ada beberapa daerah diwilayah Sulawesi Utara yang sudah terpasang dengan Kabel Optik namun belum beroperasi, diantaranya Ondong Siau yang sudah terpasang, Tahuna juga yang sudah selesai, dan sekarang sedang pengerjaan di Melonguane. Untuk Melonguane sedang dilakukan ‘Connecting’ atau ‘Splicing’ di Terminal Station (TS).

Pihaknya berharap, masyarakat dapat bersabar mengikuti setiap tahapan-tahapan pengerjaannya. Karena pasti semua ini akan dihubungkan ke Kabupaten-Kabupaten dan Pulau-Pulau terluar sampai nanti pihaknya akan mengkoordinasikan lagi kira-kira kapan pengoperasian kabel optik tersebut.

“Di operasionalkan secepat mungkin. Kita akan menghubungi Kadis Kominfo Sulut dan terus bersinergi dengan Pemerintah terkait,”tandas George Serpara.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Aulia Raymond yang juga merupakan Konsultan Pengawas Independent (KPI) PT. Surveyor Indonesia. Ia menuturkan, Pengelaran Kabel Optik Paket Tengah ini merupakan program dari Presiden Jokowi untuk menjangkau seluruh Indonesia agar merata.

“Mudah-mudahan, secepatnya bisa difungsikan. Kami minta dukungan dan doa dari masyarakat untuk pelaksanaan pekerjaan ini,”tambah Raymond. (Melky Tumpia)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Puluhan Pelaku Usaha Jalani Rapid Test.

KOTAMOBAGU,BULAWANEWS.COM – Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Kotamobagu melakukan rapid test ...