Wabup Talaud Petrus Tuange Saat Tiba di Kapal Latih Laksamana Muda John Lie (foto/melky)

Tuange Melepas 32 Calon Taruna Balai Diklat Pelayaran Tahun 2018

TALAUD, BULAWANEWS.COM – Wakil Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange, S.Sos., M.Si, didampingi Camat Melonguane Oni Maliatja, Camat Miangas Steven Maarisit, dan Kopdamar Lanal Melonguane Mohjauhari, melepas keberangkatan 32 Calon Taruna Balai Diklat Pelayaran (BDP) Amurang, Minahasa Selatan, diatas Kapal Latih (Training Vessel) Laksamana Muda John Lie yang sandar di Pelabuhan Laut Melonguane, Sabtu (28/7/2018).

Ke-32 Calon Taruna ini merupakan Putra-Putri terbaik asal Talaud yang terdiri dari 27 Peserta asal Melonguane dan sekitarnya dan 5 Peserta dari Kecamatan Miangas.

Wabup Talaud Petrus Tuange foto bersama dengan 32 Taruna (foto/melky)

Setibanya diatas Kapal Latih, Rombongan disambut secara langsung oleh Chief Officer Kapal Latih Laksamada Muda John Lie, Midfian Djeo dan Chief Engineer Kapal Latih Laksamada Muda John Lie, Simon R. Untailawan.

Usai berbincang-bincang dengan seluruh kru kapal dan melihat kondisi fisik serta mengecek kesiapan Kapal Latih ini, Wabup Talaud berkesempatan untuk bertatap muka secara langsung dengan seluruh peserta Diklat.

“Kita berada diatas Kapal Latih Laksamada Muda John Lie, ini luar biasa. Melalui program Bapak Presiden (Jokowi-red), bisa ada sarana prasarana serta memberikan kesempatan pelatihan seperti ini,”ucap Tuange dalam sambutannya.

Karena itu, kepada anak-anakku semua yang saat ini berkesempatan untuk dilatih disektor bahari ini, dilaut ini, sebetulnya ini adalah sebuah peluang besar untuk Anda punya masa depan.

Dari 118.317 Jiwa penduduk Talaud saat ini, hanya 32 orang saja yang diberikan kesempatan untuk belajar dan mengikuti pelatihan ini.

“Artinya, begitu banyak orang yang sebetulnya tau ada kesempatan ini, tetapi bersyukurlah Anda yang terpilih. Karena itu, sebagai Pimpinan Daerah saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak pelaksana (Balai Diklat Amurang) yang memberikan kesempatan kepada anak-anak daerah termasuk dari Kabupaten Talaud ini,”ujar Tuange.

Kemudian, saya menekankan bahwa 32 peserta ini, ngoni (kalian, red) adalah duta-duta Talaud yang dibimbing khusus dalam lembaga ini. Karena itu, saya berharap, tidak ada yang mundur. Ini kesempatan yang terbaik bagi kalian.

“Jangan ada yang mundur tetapi gapailah cita-cita anda ketika anda diberikan kesempatan seperti ini, maka dibenak anda harus selalu berkecamuk, saya harus sukses dan suatu saat saya harus jadi Perwira di kapal. Kalian masih muda, ada kesempatan untuk belajar. Tidak ada kata mundur, tidak ada kata menyerah!,” tegasnya didepan seluruh Peserta Diklat.

Wabup juga berharap, agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Saya mendengar lewat pelatihan/ diklat ini, buku pelaut dapat diterima melalui program Bapak Presiden Jokowi dan bisa diberikan gratis. Saya berharap, sekali kelak saya akan naik kapal. Mungkin 10 tahun/ 20 tahun yang akan datang, anda adalah Nahkoda kapal tersebut,” pungkasTuange (Melky Tumpia)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Sambut HUT RI ke-73, Kodim 1312/Talaud Latih Paskibraka

TALAUD, BULAWANEWS.COM – Memasuki bulan Agustus ini, peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sudah semakin dekat, ...