Lahan Pertanian Kotamobagu Milki Potensi Tanaman Kopi

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Miliki potensi yang cukup baik tanaman kopi di Kota Kotamobagu, Maka  kelompok Tani (Satu Hati) Kota Kotamobagu bakal mendapat bantuan bibit Kopi jenis Robusta dari Dinas Perkebunan Pemprov Sulawesi utara (Sulut)

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak), Muljadi Surotenojo, melalui Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Ramjan Mokoginta.

Menurutnya dengan adanya bantuan ini, potensi Kopi Kotamobagu  akan terus alami perkembangan yang positif “Kurang lebih sebanyak 1.500 pohon. Yang berasal dari Jember Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Pulitkokao),” kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Ramjan Mokoginta, Sabtu (29/9/2018)

Lanjutnya nanti lokasi yang dipilih yaitu di perkebunan “Mobonod” yang terletak di Kelurahan Mongkonai Barat Kecamatan Kotamobagu Barat. Dan mereka sudah datang melihat lahannya atau survey lahan.

Menurutnya, lokasi perkebunan mongkonai sudah cocok untuk penanman kopi jenis robusta. Dilihat dari ketinggan serta udaranya. “Kalau kopi jenis Arabika itu harus diatas 1000 dari permukaan laut. Tapi kalau robusta bisa dibawah seribu meter. Nah, kalau perkebunan mongkonai itu kurang lebih 700 hingga 800 meter ketinggiannya sehingga cocok untuk penanaman kopi jenis robusta,” ujarnya.

Terpisah, salah satu anggota kelompok tani satu hati Armin Simbala menyambut baik rencana pemberian bibit kopi tersebut. Dia mengatakan, perkebunan mongkonai sangat cocok untuk tanaman apa saja, sebab udara dan unsur hara pada lahannya sangat mendukung. “Tentu ini kabar gembira, Kami pun berharap secepatnya terealisasi. Kalau cuma persoalan lahan, kami sudah siapkan tinggal menunggu penyalurannya,” ucapnya. (David/*)

 

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Peringati Jubileum 50 Tahun Di Bolmut, Panpel Berikan Bantuan Untuk Pembangunan Gereja Lokal

BOLMUT, BULAWANEWS.COM – Ketua Badan Pekerja Daerah (BPD) Gereja Bethel Indonesia  (GBI) Sulawesi Utara Gorontalo ...