Sumber Air Panas, Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Tmur

Desa Bilalang Satu Menyimpan Wisata Air Panas

KOTAMOBAGU, BULAWANEWAS.COM – Bila anda datang ke Kotamobagu, ada sebuah sumber mata air panas yang bisa anda nikmati, untuk menjadi agenda untuk mengisi liburan anda bersama keluarga.

sumber air panas ini terletak di samping sungai Bilalang I, tidak jauh dari gundukan Batu Putih Malelang dan untuk mencapai lokasi tersebut jaraknya hanya sekitar 5 km dari pusat Kotamobagu, dan sesampai disana bisa ditempuh 15 menit dengan jalan kaki.

Ketua RT 8, Desa Bilalang I, Herlina Mokoginta, mengatakan jika di sumber mata air panas ini banyak orang yang datang untuk beredam, terutama yang beredam adalah yang orang mempuyai penyakit kulit, “karena sebagian masyarakat menyakini bahwa sumber air panas tersebut dapat menyembuhkan penyakit kulit.” Ungkap Herlina.

Lebih lanjut, dirinya mengukapkan bahwa masyarakat sekitar meyakini jika sumber air panas ini adalah akar dari sambungan gunung kebanggan masyarakat Bolaang Mongondow Raya.

“Iya, kalau menurut orangtua dulu-dulu, air panas ini merupakan sambungan dari akar gunung Ambang. Meski demikian, sampai sejauh ini belum ada bukti ilmiah jika air panas ini, merupakan saluran akar gunung Ambang.” Ungkap  Herlina

Sementara itu, Pemerintah Desa Bilalang I, juga tengah merencanakan rehabilitas dan perbaikan sarana penunjang di lokasi air panas. Objek wisata tersebut juga sudah pernah dikunjungi oleh Pemerintah Provinsi Sulut untuk pengembangan wisata di Kotamobagu.

“Kalau dari Pemerintah desa memang sudah merencanakan untuk memperbaiki kembali air panas tersebut agar bisa menjadi penyumpang PAD untuk desa,” pungkas Mokoginta. (*)

 

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Peringati Jubileum 50 Tahun Di Bolmut, Panpel Berikan Bantuan Untuk Pembangunan Gereja Lokal

BOLMUT, BULAWANEWS.COM – Ketua Badan Pekerja Daerah (BPD) Gereja Bethel Indonesia  (GBI) Sulawesi Utara Gorontalo ...