Kelompok ‘Toya Naton’, Kembangkan Potensi Produksi Ikan di Kotamobagu

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Keberadaan pembudidaya Ikan ternyata mampu mendongkrak produksi ikan di Kota Kotamobagu. Budidaya ini selain melestarikan apa yang dibudidaya agar tetap ada dan terjaga, juga dijadikan lahan pemasukan dana dalam bidang bisnis.

Salah satunya, kelompok ‘Toya Naton’ Desa Bungko Kecamatan Kotamobagu Selatan, dengan membudidaya beberapa jenis ikan. Selain jenis ikan Nila, kelompok ini juga membudayakan ikan jenis Gurame dan ikan Mas.

Menurut salah satu anggota kelompok Isan Pokona (40), peluang usaha ternak ikan terus terbuka lebar. Kemunculan budidaya ikan ini dapat memberikan hasil yang cukup baik.

“Belum lama ini kelompok kita berdiri, namun sudah banyak  orang yang datang membeli baik yang ikan produksi maupun masih dalam bentuk bibit Nila,” kata Isan, Rabu (10’10/2018).

Dengan ukuran kolam ikan kurang lebih 20 x 30 meter, kelompok ini mampu memproduksi ratusan Kilogram (Kg) ikan , apalagi pada hari-hari besar tertentu.

“Kalau ikan produksi itu harganya bervariasi, ada yang Rp 30 Ribu per Kg, kalau gurame itu sampai Rp 50 ribu per Kg. Nah, biasanya permintaan ikan itu biasanya meningkat pada hari-hari besar seperti lebaran dan natal, itu bisa, sampai ratusan kilogram,” jelasnya

Bahkan, kelompok budi daya ikan yang beranggotakan Lima orang ini, pernah mendapat bantuan dari pemerintah Kota Kotamobagu berupa Enam Ribu bibit ikan. “Yah, itu pernah beberapa waktu lalu, kami diberikan bantuan bibit ikan jenis nila sebanyak 6 ribu bibit,” pungkasnya. (*)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Peran Kapolres Kotamobagu dalam Meriahkan Natal: Sukseskan Aman dan Kondusif

BULAWANEWS.COM, HUKRIM – Perayaan Natal di seluruh wilayah hukum Polres Kotamobagu berhasil berjalan aman dan ...