Kendala Pembebasan Lahan, Pemkot Kotamobagu Gagal Bangun Ringroad

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Kota Kotamobagu terkait rencana akan dibangunnya Pembangunan Jalan Melingkar atau Ringroad di Kotamobagu dikabarkan gagal dilaksanakan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Kotamobagu, Ir Sande Dodo ST, mengatakan kabar gagalnya pelaksanaan pembangunan terkait dengan permasalahan pembebasan lahan oleh warga setempat yang tidak menyetujui jika lahan perkebunan mereka dibayar oleh Pemkot Kotamobagu.

“Padahal rencana agenda pembangunan ini sudah dimatangkan pelaksanaanya pada tahun 2019 mendatang.” Ujar Sande.

Selain permasalahan pembebasan lahan, ada pula beberapa permasalahan yang ditemui di lapangan saat dilakukan sosialisasi soal Jalan Ringroad.

“Yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meminta pembebasan lahan lebarnya 45 meter.” Terang Sande.

Lebih lanjut, Sande mengungkapkan yang diminta kementerian posisi pembangunan jalan lebarnya 7 meter sedangkan 45 meter itu jika besok akan ada pelebaran, maka dari itu tidak ada lagi pembebasan lahan karena objeknya sudah tersedia.

Selain itu, Sande menyampaikan banyak masyarakat yang tidak menyetujui lahan mereka dihibahkan bahkan dibayar oleh pemerintah.

“Lahan perkebunan milik masyarakat merupakan lahan warisan dari orang tua. Oleh sebab itu alasan mereka karena orang tua mereka tidak menginginkan lahan itu dijual karena lahan tersebut sebagai tempat mencari nafkah anak dan cucunya nanti,” pungkas Sande. (David)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

DPMPTSP Kotamobagu Terus Mempermudah Warga Urus Izin Usaha Secara Online

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM -Guna memberikan kemudahan bagi investor dan pelaku usaha Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan ...