Pemerintah Kotamobagu Melalui SDGs Berikan Solusi Pengetasan Kemiskinan

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Kota Kotamobagu mengelar acara Sustainable Development Goals (SDG’s) yang kegiatan ini memainkan peran penting untuk dapat mewujudkan kerja layak bagi semua tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara mengatakan SDG’s adalah Pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, yang menjaga kualitas lingkungan hidup, serta menjamin keadilan terlaksananya kualitas hidup dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

“Penyelenggaran SDG’s diharapkan pula dapat melakukan pengetasan kemiskinan dan pengurangan kesenjangan, menciptakan lapangan kerja dan untuk mendapatkan pekerjaan layak bagi semua masyarakat.” Ujar Tatong.

Melalui kegiatan Evaluasi SDG’s tahun 2018 dapat memperoleh berbagai masukan, saran maupun rekomendasi yang dirumuskan secara bersama dengan para pemangku (Stakeholder) bagi penyusunan agenda pembangunan berkelanjutan di Kota Kotamobagu.

Sementara itu, Kepala Badan Bappelitbanda Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, mengatakan pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) SDG’s sebagai gerakan Stakeholder baik pemerintahan maupun non pemerintahan dan pengarusutamaan dalam dokumen perencanaan (RPJMN/RPJMD) dalam dasar penentuan prioritas dan alokasi anggaran.

“Tindak lanjut dalam kegiatan ini bagi Daerah diantaranya mengintegrasikan TPB/SDG’s kedalam agenda pembangunan daerah dalam menyusun RPJMD dan Renstra SKPD, serta dokumen anggaran SKPD.” Ujar Sofyan pada Bulawanews.com, Kamis (11/10/2018)

Pemantauan dan evaluasi tersebut merupakan tahapan penting untuk memastikan TPB/SDG’s agar dapat diamati perkembangannya untuk mengukur pencapaian dengan mengunakan indikator yang sudah ditetapkan.

“Dalam Kompleksitas Pelaksanaan TPB/SDG’s ada 17 tujuan/Gols, 169 Target, dan 241 Indikator, yang harus dilakukan dalam langkah pencapaian tujuan TPB/SGD’s, Tindak lanjut di Daerah, Pemantauan dan Evaluasi, serta Mekanisme Pemantau agar kegiatan program TPB/SDG’s bisa berjalan dengan baik.” Pungkas Sofyan. (Ainur Rofi)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Peringati Jubileum 50 Tahun Di Bolmut, Panpel Berikan Bantuan Untuk Pembangunan Gereja Lokal

BOLMUT, BULAWANEWS.COM – Ketua Badan Pekerja Daerah (BPD) Gereja Bethel Indonesia  (GBI) Sulawesi Utara Gorontalo ...