Pemkab Bolmong Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Mengelar acara Bimbingan Teknik Pengelolaan Keuangan Desa, di Hotel Sutan Raja, Selasa (09/10/2018).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Ahmad Yani Damopolii, mengatakan bahwa Pemkab Bolmong pada tahun 2018 ini telah mengunakan Sitem Keuangan Desa (SisKeuDes).

“Bimtek ini juga untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan desa, lebih transparan sesuai aturan, dan terus melakukan penguatan dalam sistem kuangan yang lebih bagus.” Ujar Ahmad Yani.

Lebih lanjut, Ahmad Yani menghimbau kepada Sangadi atau Kepala Desa dan Bendahara Desa dalam kegiatan Bimtek ini harus memahami betul tentang tanggung jawab maupun pengelolaan keuangan agar jauh lebih baik.

Sementara itu, Bupati Bolaang Mongondow, Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow melalui PLH Sekda Bolmong Derek B Panambunan mengatakan berdasarkan amanat UU No.6 tahun 2014 tentang Desa menyebutkan bahwa saat ini Desa tidak hanya fokus dalam pembangunan tetapi juga Desa adalah sebagai perancang pembangunan yang sesuai potensi dan kebutuhan.

“Salah satu ukuran faktor keberhasilan Pemerintahan di tingkat Desa adalah setiap aparatur pemerintah desa mampu memberikan pelayanan dan mampu membawa kondisi masyarakat desa kearah kehidupan yang lebih baik.”

Aparatur Desa juga dituntut untuk selalu berupaya meningkatkan kompetensi pengetahuan serta wawasan agar dapat memahami dan menguasai tentang kedudukan tugas pokok dan fungsi dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Bimtek ini bertujuan memberikan pelatihan yang komprehensif pada aparatur pemerintahan desa dalam mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang lebih transparan dan akuntable dengan mengedepankan pringsip ekonomis, efiesiensi dan efektifitas pengunaan dana.” Ujar Derek.

Dalam kegiatan Bimtek ini sebagai narasumber dari Kementerian Desa, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UDK Kotamobagu.

Acara ini dihadiri pula oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu Dasplin SH MH, Para Camat se Kabupaten Bolaang Mongondow, dan Para Sangadi dan Kepala Desa serta Bendahara Desa se Kabupaten Bolaang Mongondow. (Ainur Rofi)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Warga Sebut Konsep Renti Mokoginta Pondasi Bolmong CHM 

BOLMONG, BULAWANEWS.COM – “Generasi muda, pelajar, adalah aset yang paling berharga. Nasib bangsa dan negara ...