Semai Bibit Tanaman Di Kaleng Cat Bekas Jadi Sumber Rejeki

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Berawal dari hobby merawat tanaman, Warga Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, menekuni usaha jual beli bibit tanaman.

Masriah Paputungan (47), mengatakan awal usahanya hanya memanfaatkan kaleng cat bekas sebagai media untuk menyemaikan bibit tomat dan merica dan hasilnya ternyata tumbuh dengan sangat baik.

“Kemudian setelah itu saya menyemaikan papaya jenis california dan tanaman rempah dapur, dan hasilnya juga sangat baik.” Ungkap Masriah.

Melihat hasil persemaian biji tanaman tumbuh dengan subur, akhirnya tetangga Masriah membeli hasil dari persemaian tumbuhan, namun Masriah hanya member dan tak berniat untuk menjual.

“Tetangga ada yang beli tapi saya tak menerima uangnya, namun tetangga terus memaksa untuk menerima uangnya. Eh lama-lama justru banyak petani yang datang membeli bibit,” katanya antusias.

Berawal dari uang itulah, dirinya membeli polibek untuk dijadikan tempat menyemai benih. Bahkan, dirinya juga mulai menyemai benih bunga.

“Perpolibeknya, saya menjual dengan harga Rp.1.000 sampai Rp. 5.000, kalau bunga, ya tergantung jenisnya, kadang perpolibeknya, bisa sampai Rp. 35.000 ini sangat membantu perekonomian,” jelasnya.

Dalam sebulan Masriah mengaku mendapatkan omset hingga jutaan rupiah dalam waktu sebulan dari hasil bisnis jualan bibit tanaman.

“Saya menyiraminya setiap hari, merawatinya seperti anak kecil. Tapi ini sepadan juga dengan yang didapat, hobi tarsalur, pikiran dan hati bahagia, dapat uang pula, omsetnya lumayan besar, dari paling kecil limaratusan, bahkan kadang bisa sampai sejutaan,” pungkas Masriah. (*)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Diskominfo Kotamobagu Terima Kunker Aleg Sulut

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Utara Vonny Paat, Kamis 20 Januari 2022 mengunjugi Dinas ...