Amin Haras: “Data Itu Penting”

POHUWATO, BULAWANEWS.COM -Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras, mengatakan data memiliki fungsi yang sangat strategis yakni, sebagai dasar untuk membuat suatu perencaan, dasar untuk membuat keputusan, sebagai alat pengendali terhadap pelaksanaan suatu kegiatan dan sebagai dasar evaluasi suatu kegiatan.

“Oleh karena itu data sangat penting dalam pengelolaan suatu organisasi atau pemerintahan,” ujar Amin Haras saat Ekspos Data Kecamatan se Kabupaten Pohuwato, Rabu (07/11/2018) kemarin.

Lebih lanjut, Amin Haras, mengungkapkan sumber data bisa bersumber dari BPS dan ada yang dikumpulkan dari masing-masing OPD dan diolah menjadi bentuk data.

Seringkali ditemukan data yang disajikan ke publik khususnya data tentang kependudukan banyak terjadi ketidakseragaraman antara satu instansi dengan instansi lainnya sehingga diragukan keakuratan dan kevalidannya. Padahal dalam konteks pembangunan yang akuntabel, maka akurasi dan validitas data mutlak diperlukan.

Untuk itu dalam mewujudkan pembangunan yang baik, akuntabel dan berkesinambungan sesuai dengan cita-cita dan harapan rakyat, maka perlu satu data dalam pembangunan.

“Satu data ini sangat penting karena data akan menjadi dasar dan bahan pertimbangan pemerintah atau stakeholder dalam mengambil suatu keputusan atau kebijakan,” ungkap Amin Haras.

Amin Haras juga menekankan kepada Camat dan OPD, untuk mengetahui persis Data yang ada di desa atau kecamatan, seperti luas wilayah Kecamatan maupun Desa, jumlah Desa, jumlah penduduk, anak usia sekolah dan sebagainya.

“Data ibarat kompas yang memandu kita dalam pelaksanaan pembangunan. Tanpa Data kita tidak dapat membuat Perencaan dan implementasi kegiatan dengan tepat sasaran,” pungkasnya. (D,hapulu)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

HUT Brimob Ke 73, Syarif Mbuinga Raih Penghargaan

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo dan Satuan Markas Komando Brimop Koprs POLDA Gorontalo, ...