Suasana Sosilisasi KLHS Boalemo (Foto: Istimewa)

Pemkab Boalemo Sosialisasi Penyusunan KLHS

BOALEMO, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Boalemo mengelar kegiatan sosialisasi Penyusunan Kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) yang dibuka oleh Wakil Bupati Boalemo Anas Yusuf bertempat di Citra Ayu Tilamuta.

Sosiliasasi ini mengacu tentang Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana yang diamanatkan UU nomor 32 tahun 2009, yang dipandang penting keberadaanya untuk bisa diterapkan dalam proses perencanaan dan pembangunan daerah.

Salah satunya adalah pemerintah wajib membuat kajian lingkungan hidup strategis untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah didalam kebijakan, rencana dan program.

Wakil Bupati Boalemo, Anas Yusuf, memberi apresiasi terhadap pelaksanaan penyusunan kajian lingkungan hidup strategis dimana langkah dan upaya ini merupakan amanah UU tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Penyusunan kajian lingkungan hidup ini adalah sangat penting, agar segala dampak negatif yang mungkin akan muncul dalam pelaksanaan pembangunan dapat dimanimilisir,” ujar Anas

Menurutnya, Kegiatan seperti ini merupakan pendekatan strategis jangka panjang dalam pengelolaan lingkungan hidup menuju pembangunan yang berkelanjutan.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Roslina Karim, mengungkapkan tujuan sosialisasi tentang KLHS antara lain sebagai pedoman bagi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), “dan pemangku kepentingan terkait dalam melaksanakan kajian lingkungan hidup yang dapat mensinergikan kegiatan dan tindakan dari upaya promotif dan prefentif,” terangnya.

Peserta yang mengikuti sosialisasi ini dibekali materi tentang regulasi kajian lingkungan hidup strategis kemudian teknis penyusunan kajian lingkungan hidup strategis yang disampaikan oleh narasumber dari Dinas LHK Provinsi Gorontalo serta akademisi UNG. (B.Dahlan)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Polres Kotamobagu Gelar Kerja Bakti di Taman Makam Pahlawan untuk Peringatan HUT Bhayangkara ke-78

BULAWANEWS.COM, BMR – Polres Kotamobagu Gelar Kerja Bakti di Taman Makam Pahlawan untuk Peringatan HUT ...