Pemkab Bolmong Study Banding Di Pemkab Pohuwato

POHUWATO, BULAWANEWS.COM  – Pemerintah Kabupaten Pohuwato mendapat Kunjungan Kerja Studi Komparasi dari Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara, yang diterima Wakil Bupati Amin Haras di ruang pola Kantor Bupati.  Kamis, (29/11/2018).

Rombongan kunjungan Pemkab Bolmong dipimpin Assisten Pemerintahan Bolmong Derek Penambunan. Kunjungan tersebut karena keberhasilan Pemkab Pohuwato dalam peningkatan  penyelenggaraan Pemerintahan terkait hal Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

Wabup Amin Haras didampingi Sekda Djoni Nento, mengucapkan selamat datang di Bumi Panua Pohuwato, terima kasih pula bahwa Pemda Bolaang Mongondow telah memilih Pohuwato sebagai tempat study komparasi.

Pada prinsipnya kata Wabup Amin, tentunya sebagai Pemerintah tugas dan tanggung jawab penyelenggaraan pemerintahan adalah sama dan tidak beda, bedanya dalam rangka menciptakan sistimnya.

“Dari aspek regulasi sama semuanya terkait tugas-tugas penyelenggaraan urusan pemerintahan. Berbicara soal terkait urusan pemerintahan yang dilaksanakan oleh pemerintah baik itu terkait urusan wajib maupun urusan yang lain merupakan hal yang sama, karena itu sudah menjadi urusan pemerintahan yang menjadi tugas dan tanggungjawab Pemda. Tentunya kami Pemerintah Daerah berusaha terus bagaimana melaksanakan itu sesuai dengan apa yang menjadi harapan masyarakat,” terang Wabup.

Menurutnya, awalnya kita tidak berharap dalam penilaian dan itu sudah menjadi kewajiban pemerintah sesuai aturan bahwa kita menyampaikan LPPD.  Karena pada awalnya LPPD Pohuwato berada pada level paling bawah dan kemudian dilakukan satu terobosan untuk membuat dan menyusun LPPD.  “Dan Alhamdulillah pada LPPD 2016 berada di urutan 12 Naional yang sebelumnya pada 2014 urutan 95, kemudian di 2015 pada urutan 71,” ungkapnya.

Sementara itu Assisten Pemerintahan Bolaang Mongondow, Derek Penambunan menyampaikan, LPPD Pemkab Bolmong berada di urutan paling bawah di Provinsi Sulut, maka kami mencari dimana daerah-daerah yang peringkat LPPD Nasional. Ternyata peringkat yang naik terus dari peringkat 95 pada 2014 kemudian peringkat 71 tahun 2015 dan peringkat 12 pada 2016 berada di Kabupaten Pohuwato.

“Dengan peringkat yang terus naik ini maka itu yang menjadi daya tarik kami untuk jadikan Pohuwato sebagai Kabupaten unggulan yang akan kita coba cari tahu seperti apa kenaikan peringkat tersebut,” ujar Derek.

Kegiatan dilanjutkan dengan tukar cendera mata kedua Pemerintah Daerah tersebut yang diawali oleh Wabup Amin Haras kemudian Assisten Pemerintahan Boalang Mongondow Derek Penambunan. (*/Dahlan)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Wawali Nayodo Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah

Ktamobagu__Wakil Walikota (wawali) Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, S.H., mewakili Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, menghadiri ...