Pemkab Pohuwato Peringati Maulid Nabi

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Wakil Bupati Amin Haras bersama Anggota DPRD Iwan Adam dan Beni Nento, menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al-Ikhlas Buntulia Utara Kecamatan Buntulia, Selasa (20/11/2018).

Acara Maulid Nabi Muhammad selain dilaksanakan secara nasional juga dilaksanakan secara tradisional gorontalo dan sebelumnya diawali dengan prosesi adat dari Rudis Camat menuju Masjid Jami Buntulia

Dalam sambutannya Wabup Amin Haras, mengatakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini setiap tahun dilaksanakan oleh seluruh umat muslim. Peringatan tersebut bagi masyarakat gorontalo termasuk di Pohuwato merupakan kegiatan yang memiliki keunikan tersendiri.

“Karena disamping pelaksanaannya secara nasional juga dilaksanakan secara tradisional, dimana ini sudah merupakan tradisi warga Gorontalo yang sudah turun temurun,” ujar Haras.

Dimana sejak abad 17 atau sejak Islam masuk ke Gorontalo tradisi ini sudah dilaksanakan dan terus dilestarikan sejak dulu, dan selalu melekat pada adat Gorontalo. Disamping itu menjadi satu perekat rasa kekeluargaan dan rasa persatuan khususnya sebagai warga Gorontalo.

“Dimana dilaksanakan zikir (dikili) semalam suntuk dan pembagian walima pada besoknya. Hikmah dari peringatan ini perlu dipetik terutama mengupas kehidupan Rasul Nabi Muhammad sejak lahir sampai beliau wafat,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Buntulia, Arman Mohamad, menambahkan Peringatan Maulid akan dilaksanakan bergiliran di masjid yang ada di 7 desa dan masjid yang ada di dusun se Kecamatan Buntulia.

Selanjutnya Camat Buntulia Arman Mohamad mengukuhkan Hakimu Kecamatan Buntulia Tahir Saleh dan Imam Distrik Syaiful Tantu yang disaksikan oleh Wabup Amin Haras, angota DPRD, para Kades, dan pemangku adat se Kecamatan Buntulia. (*/Dahlan)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Impacting Generation Community GBI Kasih Karunia Kotamobagu, X’Mas Celebration “INFLUENCER”

RELIGI KRISTEN, BULAWANEWS.COM – Firman Tuhan sementara digenapi pada hari-hari terakhir menjelang kedatangan Tuhan yang ...