Pemkab Pohuwato Sosialisasi 3R

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan dan pengelolaan persampahan yang berkelanjutan menuju peningkatan ekonomi masyarakat yang lebih baik maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar Sosialisasi 3R (Reduce, Reuse, Recycle), di Hotel Grand Permai, Kamis (15/11/2018).

Acara Sosialisasi dibuka langsung oleh Bupati diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ikbar AT Salam, yang didampingi Kadis DLH Bahari Gobel serta narasumber dari Perwakilan Burung Indonesia Pohuwato serta dari Provinsi Gorontalo.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Ikbar AT Salam, mengatakan Kota Marisa kalau di tengok 10 tahun yang lalu dan sampai hari ini perkembangannya cukup cepat. Sehingga berbagai aktivitas masyarakat bermunculan.

“Oleh karena itu, ada satu dampak yang memang ini tidak bisa dihindari yakni dampak lingkungan berupa munculnya tumpukan atau sampah yang ada di sekitar kita baik di kantor, sekolah dan rumah penduduk sehingga ini harus dikelola dengan baik yakni dengan 3R,” ujar Ikbar.

Menurutnya, Program yang sudah dan akan dilaksanakan kedepan perlu untuk direnungi bahwa ini bukan pekerjaan yang mudah, karena sangat berkaitan dengan pola pikir, pola sikap dan prilaku kita semua.

“Sehingga dalam menangani atau mengolah sampah ini agar tidak menjadi sesuatu yang menimbulkan masalah baru, karena kalau sampah berserakah dimana-mana pasti pemandangan tidak baik, lingkungan jadi tidak bersih bahkan akan menimbulkan penyakit-penyakit,” ungkap Ikbar.

Selain itu, Sosialisais ini diharapkan bisa menangani, mengurangi, mengelolah sampah secara baik sehingga lingkungan kita, khususnya Kota Marisa bisa menjadi kota yang bersih, bebas dari segala penyakit dan lebih indah, “dengan demikian kita juga akan dihargai oleh Adipura,” terangnya.

Sementara itu, Kadis DLH Bahari Gobel, menyampaikan dipilihnya TPST Gotong royong Desa Teratai sebagai tempat kegiatan, karena akan dijadikan TPST sebagai pilot project.“Jadi kami minta di KSM dan Bank Sampah yang lain untuk kedepan bergerak,” pinta Gobel

Kemudian terkait 3R ini yaitu Reduce adalah meminimalisasi sampah dan mengurangi sampah misalnya menggunakan keranjang belanja ke pasar untuk mengurangi sampah plastik. Reuse adalah proses pengurangan sampah dengan menggunakan kembali sampah yang masih bisa digunakan misalnya menggunakan kaleng bekas menjadi pot bunga. (Dahlan)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Wali Kota Kotamobagu Hadiri Pengarahan langsung Presiden Joko Widodo

BULAWANNEWS.COM, Jakarta—Wali Kota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara mengikuti dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Repulik ...