Pemkot Kotamobagu Resmikan Desa Sadar Jaminan Sosial

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM –
Pemerintah Kota Kotamobagu meresmikan Desa Bilalang II Kecamatan Kotamobagu Utara menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Kamis (08/11/2018).

Sekretaris Kota Kotamobagu, Adnan Massinae, saat meresmikan mengatakan mengapa alasan BPJS memilih Bilalang II sebagai pilot projek Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Adapun alasan utama karena Desa Bilalang II merupakan Desa yang terbanyak mendaftarkan aparat desa ke BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, masyarakat Desa Bilalang II yang terbanyak tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan,” ujar Adnan.

Pada kesempatan launching ini, Adnan mengimbau masyarakat baik itu buruh, pegawai swasta, UKM maupun petani agar ikut serta sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Hanya Rp16.800, iuran per bulannya. Tapi, kita akan mendapat manfaat penjaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua dan jaminan kematian dari BPJS, yang penting kecelakaan terjadi saat kerja, sudah bisa langsung di klaim. Seperti hari ini, jaminan kematian yang diberikan cukup besar.

“Ini adalah sebuah langkah maju untuk meningkatkan kesadaran bagi masyarakat bagi perlindungan sosial,” ungkap Adnan.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Utara, Tri Chandra Kartika, berharap dengan adanya kegiatan ini, BPJS Ketenagakerjaan bisa langsung menjangkau ke masyarakat sehingga mereka mengetahui dan memahami tentang pentingnya arti jaminan sosial Ketenagakerjaan dalam kecelakaan kerja.

“Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan maka aktivitas para pekerja yang berada wilayah Kota Kotamobagu khususnya di Desa Bilalang II bisa merasa nyaman dan aman dalam bekerja,” ujar Chandra.

Dalam kesempatan itu BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan santunan kepada keluarga Nurmila Paputungan, “adanya bantuan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan sangat membantu dalam melanjutkan kehidupan keluarga serta untuk mengurus pendidikan anak,” terangnya.

Dikesempatan tersebut, salah satu ahli waris menerima santunan uang kematian sebesar Rp 57juta, serta uang pensiun sebesar Rp 331.000 per bulannya.

Kegiatan tersebut di hadiri Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Kota Kotamobagu, Agnes Puji Astuti, Asisten Dua Pemkot Kotamobagu, Gunawan Damopolii, beserta SKPD, Camat Kotamobagu Timur, Sangadi dan masyarakat Bilalang II dan I. (Ainur Rofi)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Walikota Buka Kegiatan Uji Publik Ranperda Penyelenggaraan KLA 

Kotamobagu—Walikota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara, Rabu (14/11), membuka pelaksanaan kegiatan Uji Publik Rancangan Peraturan ...