Suasana Kegiatan Outdoor Classroom Day Di SDN 1 Motoboi Kecil (Foto: Ainur Rofi)

Sekolah Se Kotamobagu Laksanakan Outdoor Classroom Day

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Sekolah yang berada di wilayah Kotamobagu, mulai tingkat SD sampai SLTA melaksanakan Outdoor Classroom Day (OCDay). Pelaksanaan kegiatan OCDay ini merupakan salah satu kegiatan untuk memperingati Hari Anak Internasional yang jatuh pada bulan November.

Kepala Sekolah SDN 1 Motoboi Kecil, Marwiah Paputungan, mengungkapkan program OCDay ini bagian dari mewujudkan sekolah ramah anak. Program OCDay ini merupakan program Pemerintah Pusat yang dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

“Program tersebut terdiri dari tiga jam pembelajaran di luar kelas untuk membuat anak tidak jenuh, menumbuhkan kreativitas, menggalakkan olahraga tradisional dan permainan tradisional.” Ujar Marwiah saat dikonfirmasi bulawanews.com, Kamis (01/11/2018).

Selain itu, Kepala Sekolah MAN 1 Kotamobagu, Liliyanti Kaawoan, menyampaikan pembelajaran di luar kelas membuat anak tidak jenuh dan menumbuhkan kreativitas. Menggalakkan kembali olahraga tradisional dan permainan tradisional yang dulu pernah kita mainkan, Kesenian Lokal, membaca buku dan masih banyak lagi kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh para siswa.

‘’Dalam kegiatan Outdoor Classroom Day ini juga bagaimana menciptakan anak senang, guru tenang, orangtua bahagia,’’ ujar Liliyanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sitti Rafiqah Bora SE, mengatakan Sekolah Ramah Anak ini bertujuan untuk memenuhi, menjamin, dan melindungi hak-hak anak, serta memastikan bahwa satuan pendidikan mampu mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak.

“Serta mempersiapkan anak untuk bertanggungjawab kepada kehidupan yang toleran, saling menghormati, dan bekerjasama untuk kemajuan dan semangat perdamaian. Pola-pola yang diterapkan pada OCDay ini akan diterapkan ke sekolah-sekolah lainnya. Apalagi hal ini sangat positif dalam penguatan pendidikan karakter,” ujar Rafiqah.

Dalam kegiatan Outdoor Classroom Day ini juga di pantau langsung oleh Pemerintah Kotamobagu yang di tinjau langsung oleh Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Kurniawan SH. (Ainur Rofi)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

KIM Kotamobagu Dibekali Teknik Dasar Jurnalistik

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kotamobagu, memberikan Sosialisasi dan Pemberdayaan Kelompok Informasi ...