Warga Desa Popayato Tolak Kepala Desa Terpilih

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Ratusan masyarakat Desa Popayato mengelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Pohuwato, mendesak Pemerintah Daerah Pohuwato agar tidak melakukan pelantikan terhadap kepala desa terpilih, Kamis (15/11/2018).

Koordinator Lapangan (Korlap), Julkifli Latif, mengatakan massa aksi yang tergabung dari Aliansi Masyarakat Desa Popayato meminta agar Pemerintah Daerah mendiskualifikasi Kades terpilih dan melakukan pemilihan ulang.

“Kami masyarakat menolak pemilihan kepala desa yang kemarin dilaksanakan pada tanggal 5 november, kami melihat adanya sebuah tindakan pelecehan yang dinodai oleh salah satu calon kandidat dengan melakukan Money Politik,” ungkap Latif

Dirinya juga sudah melakukan beberapa upaya yakni melakukan gugatan kepada Tim Pengawas Kecamatan, akan tetapi sudah masuk hari ke empat Tim Panwas tidak ada pergerakan atau upaya untuk mengidentifikasi kembali bukti-bukti yang telah diberikan.

Selain itu, dirinya menilai Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pemilhan Kepala Desa rentan akan  gugatan dan dinilai oleh warga masyarakat Desa Popayato tidaklah konstusional dan berintegritas, dimana item pasal yang ada didalamnya berbeda dengan pelaksanaan yang ada dilapangan.

Secara terpisah, Assiten I Bagian Pemerintah, Fitser Mohune, mengatakan akan mendalami polemik yang terjadi dan akan melakukan rapat dengan mengundang pihak panitia desa, kecamatan dan kabupaten. (Dahlan)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Tujuh Tahun menjabat Wali Kota, Harta Milik Tatong Melejit

KOTAMOBAGU, Bulawanews.com – Harta kekayaan Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, boleh dibilang melejit selama lima ...