Pemkab Pohuwato Gelar Sosialisasi Evaluasi Kelembagaan Instansi Pemerintah

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Pohuwato menggelar Sosialisasi Evaluasi Kelembagaan Instansi Pemerintah Coaching Clinic Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) yang dibuka Wakil Bupati Amin Haras. Di Gedung Panua Kantor Bupati  pohuwato, Senin (03/12/2018).

Dalam sambutannya Wabup Amin mengatakan bahwa kegiatan ini penting untuk dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan organisasi pemerintahan yang tepat fungsi, tepat proses dan tepat ukuran, maka perlu menyempurnakan ketentuan mengenai evaluasi kelembagaan pemerintah dan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah agar berjalan optimal dan lebih baik.

Disamping itu akuntabilitas kinerja pemerintah merupakan bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat. Dan ini dilaksanakan tidak sebatas pada optimalisasi penyerapan anggaran akan tetapi sejauh mana anggaran yang diserap sesuai dan selaras dengan yang kita tuangkan dalam RPJMD, Renstra, RKPD dan Renja.

“Karena dokumen perencanaan merupakan kompas bagi perangkat daerah dalam mewujudkan visi misi pembangunan daerah yang hasil pelaksananaannya dilaporkan setiap tahunnya melalui Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (Akip),” ujar Haras.

Dirinya, berharap kepada Pimpinan OPD agar memahami Sakip, paling tidak kita harus pahami untuk apa organisasi ini ada, apa ukurannya, berapa targetnya, bagaimana mencapai target tersebut dan kegiatan apa yang kita laksanakan untuk mendukung target itu, barulah kita bicara anggarannya.

Olehnya ikuti dengan baik dan pahami betul materinya supaya berimbas pada peningkatan kinerja dan Lakip agar dapat memperoleh nilai yang lebih baik ditahun-tahun mendatang,” ungkapnya.

Sebelumnya Kabag Ortala Nizma Sanad melaporkan bahwa kegiatan yang menghadirkan narasumber masing-masing yakni M. Iqbal Budianto,S.Kom,M.E.Biz dari Deputi Perumusan Kebijakan Sistem Kelembagaan danTata Laksana serta Jurni Biahimo, S.Pd,MH dan Istik Syarifudin,SE dari Tim Menpan dan RB RI perwakilan Provinsi Gorontalo diikuti Pimpinan OPD, Sekretaris Perangkat Daerah, Dua orang Kepala Bidang di OPD, Dua orang Kepala Seksi di Kecamatan, satu orang pelaksana evaluasi kelembagaan OPD,  penyusun Lakip OPD dan tim penyusun Lakip Kabupaten tahun 2017. (Dahlan)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Pemkot Segera Salurkan Bantuan Holtikultura

BULAWANNEWS.COM,KOTAMOBAGU-Sejumlah upaya terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu guna menunjang peningkatan sektor pertanian di daerah ...