Asisten Il Paparkan Kerugian PDAM di Rapat Anggota DPRD Pohuwato
Asisten II Pemkab Pohuwato saat memberikan penjelasan di Rapat DPRD Pohuwato

Asisten Il Paparkan Kerugian PDAM di Rapat Anggota DPRD Pohuwato

POHUWATO,BULAWANEWS.COM – Asisten II Setda Pohuwato Rusmiyati Pakaya, menyampaikan tentang kerugian yang dialami Badan Usaha Milik Daerah (BUMN) PDAM, berdasarkan audit BPK.

Hal ini disampaikan Rusmiyati Pakaya saat menghadiri undangan rapat fraksi gabungan dari Komisi II dan III DPRD Pohuwato di ruangan rapat DPRD. Senin (11/3/ 2019)

Dikatakannya, hasil audit dari BPKP di sebutkan kerugian PDAM sebesar Rp5 Miliar. Menurutnya dari jumlah tersebut tidak di tentukan tahun berapa terjadi kerugian tersebut. Kemungkinan hal ini hasil akumulasi dari beberapa tahun.

“Kerugian ini bukan dalam bentuk uang, namun dalam bentuk aset yang di miliki oleh PDAM. Meski demikian, oleh BPKP masih di hitung secara akumulasi sehingga terbaca 5 milyar kerugian,’ujar Pakaya.

Sementara, Dirut PDAM Ir.Chayrul Usman bersama kepala bagian, langsung mengklarifikasi, bahwa kerugian ini hanya berupa asset.

“Kerugian ini hanya berupa asset PDAM, namun oleh BPKP, hasilnya Ini masih tetap terhitung kerugian, “ungkap  Dirut, yang turut hadir dalam rapat.

Menurutnya, apa yang di sampaikan oleh asisten II, yang juga anggota dewan penggawas PDAM, hanya kerugian berupa penyusutan aset, dikarenakan banyaknya aset yang dimiliki PDAM Tirta Maleo. Namun Usman meyakinkan bahwa PDAM masih dalam kategori sehat, berdasarkan hasil audit dari BPKP yang memberikan nilai 2,80 dan di tingkat provinsi masih masuk 3 besar

PDAM memiliki banyak asset, baik bantuan dari pemerintah pusat maupun bantuan dari pemerintah provinsi, yang tediri dari Paguat sampai Popayato Barat, dan mengalami penyusutan asset. Namun PDAM tirta maleo masih dalam kategori sehat, yang terdiri dari Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Pohuwato. Jika nilainya 2,50 itu baru di kategorikan tidak sehat,”ungkap Usman. (Dahlan Hapulu)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Syarif Mbuinga Membuka Tenis Meja Bupati Cup se Indonesia Timur

POHUWATO,BULAWANEWS.COM.- Bertempat di gedung futsal event Tenis Meja Bupati Cup se Indonesia Timur resmi dibuka ...