Sambut Hut Pohuwato Ke 16, Sekda Djoni Nento Buka Lomba Cerita SD/MI Tingkat Kabupaten
Sekda Djoni Nento saat mebuka kegiatan loba bercerita SD/MI tingkat Kabupaten

Sambut Hut Pohuwato Ke 16, Sekda Djoni Nento Buka Lomba Cerita SD/MI Tingkat Kabupaten

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Menyambut persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pohuwato yang ke 16, Pemkab Pohuwato menggelar beberapa kegiatan lomba. Salah satunya Lomba Bercerita SD/MI tingkat Kabupaten.

Kegiatan ini dibuka dan diresmikan langsung oleh Bupati Pohuwato yang diwakili oleh Sekda Pemkab Pohuwato Djoni Nento, didampingi Assisten Pembangunan dan Perekonomian Rusmiyati Pakaya di Kantor bersama. Selasa(9/4/2019)

Dalam sambutannya Sekda mengatakan, bahwa kemampuan dan minat membaca merupakan modal dan faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan baik formal maupun non formal. Hal ini dalam rangka meningkatkan pembangunan masyarakat untuk hidup lebih cerdas, berwawasan luas dan siap dalam menghadapi peluang dan tantangan di era globalisasi saat ini.

“Pembudayaan kegemaran membaca perlu ditanamkan pada anak-anak sedini mungkin serta dilakukan secara berkelanjutan dan kondisi yang kondusif, harmonis dan komunikatif, “ ujar Djoni Nento.

Menurutnya, kebijakan ini sebagai bentuk apresiasi dan motivasi dalam pembudayaan kegemaran membaca melalui jalur sekolah.

“Tentunya jalur ini dapat dikembangkan dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang baik melalui jalur sekolah, masyarakat peduli dan jalur lembaga pemerintah demi terbangunnya budaya kegemaran membaca di Kabupaten Pohuwato, “ pungkas Sekda Djoni.

Selain itu, Sekda menambahkan, bahwa pesan melalui tradisi lisan (cerita) merupakan salah satu aset lokal daerah yang sebagian sudah diabaikan. Namun melalui lomba semacam ini, bila diangkat kembali akan dapat membangkitkan cinta anak terhadap budaya daerah yang dikemas dan dipentaskan secara baik dan indah akan menumbuhkan rasa kekaguman kepada khasanah kekayaan budaya lokal daerah.

Senada, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Lusiana Bouty menambahkan, bahwa terkait pelaksanaan lomba ini sudah dilaksanakan terlebih dahulu di tingkat kecamatan, dan yang terbaik diundang untuk mengikuti di tingkat kabupaten.

“Pada dua tahun lalu kami mengirimkan peserta sampai pada tingkat Nasional, Alhamdulillah walaupun belum mendapat juara tapi sudah bisa tembus pada tingkat nasional. Sehingga sangat diharapkan peserta bisa mampu mengikuti lomba tersebut degan baik, “terang Lusiana.

Disisi lain, Kabid Pengembangan Koleksi Layanan Kerjasama Perpustakaan Isnarti Mahmud menjelaskan, bahwa lomba yang diikuti dari 13 orang perwakilan di 13 Kecamatan itu diraih oleh Fahrain R. Hendrawan. Siswi SDN 02 Popayato Barat. Fahrain nantinya akan mewakili Kabupaten Pohuwato pada lomba yang sama di tingkat Provinsi, yang rencananya akan dilaksanakan pada 30 April mendatang.

“Masing-masing perwakilan yang diseleksi adalah mereka yang mendapat juara 1. Baik dari tingkat kecamatan hingga ke tingkat Kabupaten hanya murid yang masuk peringkat 1. Jadi, untuk tingkat Provinsi seorang saja yang mewakili, mudah-mudahan tahun ini bisa berhasil lagi dan bisa maju ke tingkat Nasional, “ harap Isnarti. (hms/Dahlan)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Sekda Pohuwato Membuka Desiminasi Program Doktor 

POHUWATO,BULAWANEWS.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Sekda Kabupaten Pohuwato, Djoni Nento,  membuka desiminasi hasil penelitian mahasiswa ...