Terima Kunjungan Pejabat BPN Pohuwato, Wabub Amin Bahas Program Sertifikat Tanah Gratis
Wabub Amin Haras saat menyambut kunjungan Kepala BPN Pohuwato yang baru diruangan kerjanya. Selasa (9/4)/Foto: hms Pohuwato

Terima Kunjungan Pejabat BPN Pohuwato, Wabub Amin Bahas Program Sertifikat Tanah Gratis

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato menerima kunjungan Pimpinan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pohuwato. Kunjungan ini dalam rangka, silaturahmi dan perkenalan Kepala BPN Lindaryam Jahja, yang belum lama ini dilantik menjabat sebagai Pimpinan BPN Pohuwato.

Kunjungan tersebut, disambut langsung oleh Wakil Bupati (Wabub) Pohuwato Amin Haras diruangan kerjanya. Selasa(9/4/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Wabub Amin bersama Kepala BPN Lindaryam membahas sejumlah program pertanahan, termasuk pemberian sertifikat tanah sebanyak 7.300 sertifikat dari luas lahan sebesar 10 ribu hektar, yang akan dibagi kepada masyarakat kurang mampu.

Hal ini disampaikan Wabup Amin bersama Pimpinan BPN Ibu Lindaryam Jahja dihadapan para awak media saat menggelar pertemuan..

“Saat ini program pemberian sertifikat tanah dengan target 10 ribu bidang yang akan diserahkan kepada 7.300 penerima sertifikat, sudah dilakukan pengukuran oleh BPN. Tapi sampai saat ini baru sebagian kecil masyarkat yang mengurus kelengkapan berkas, seperti di Desa Taluduyunu target 462 sertfikat tapi yang memasukkan berkas sampai saat ini baru 50-an lebih dan lainnya mereka masih melakukan pemetaan atau pengukuran, “ terang wabup.

Dikatakannya pula, “tentunya kita sangat bersyukur bahwa ada program dari Pemerintah Pusat untuk Pensertifikatan tanah bagi warga masyarakat dengan pengurusan gratis hanya pajak BPHTB atau retribusinya yang dibayar. Tetapi untuk proses pengukuran, pensertifikatan tidak ada biaya tergantung bagaimana kemauan dari masyarakat dengan adanya program ini, ungkap wabub.

Oleh karena itu, Ia menghimbau kepada masyarakat, agar betul-betul mengurus kelengkapan berkas untuk pensertifikatan tersebut. Pada tahun ini ada 19 desa di 5 Kecamatan yakni Kecamatan Marisa, Buntulia, Duhiadaa, Wanggarasi dan Kecamatan Lemito dengan terget 10 ribu bidang dan sebanya 7.300 sertifikat, yang akan dibagi kepada masyarakat. (hms/Dahlan)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Wabup Pohuwato Hadiri Rakor Antisipasi Corona di Kota Gorontalo

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Terkait merebaknya virus corona atau covid 19 di seluruh Indonesia, Pemerintah Provinsi ...