TPS 13 Gogagoman Coblos Ulang, Ini Kata Ketua KPPS

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum, Kota Kotamobagu, kembali bersiap-siap melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Pelaksanaan PSU tersebut dilakukan, berdasarkan rekomendasi Bawaslu Kotamobagu, karena dinilai ada kecurangan.

Sementara, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 13 Gogagoman membenarkan adanya PSU. Ia pun mengungkapkan kronologisnya.

“Awalnya ada dua orang datang ke TPS dengan menunjukan KTP Gorontalo. Waktu itu saya katakan tidak bisa, karena mereka tidak memiliki formulir model A5 KWK, sebagaimana pembekalan yang saya dapati sewaktu Bimtek KPPS beberapa waktu lalu,” jelas Ketua RT 11, Rukmini Mokoagow, sekaligus juga Ketua KPPS 13 Gogagoman.

Lanjut Rukmini, bahwa saat itu Ia tetap pada pendiriannya, tidak memberikan kesempatan kepada pemilih yang menggunakan KTP tanpa formulir A5 KWK.

“Saya bukan melarang orang untuk menyalurkan hak pilih tetapi aturan terkait pindah memilih diatur oleh undang-undang,” tegasnya

Namun, karena mereka sedikit memaksa, lanjut Rukmini, akhirnya kami bertanya kepada Panwas dan para saksi.

“Betul awalnya dua orang kemudian setelah jam 12 mereka datang menjadi lima orang. Ketika itu pengawas TPS memperbolehkan. Nah, karena Panwas mengijinkan, dasar itulah saya berikan surat suara kepada mereka, namun hanya kertas suara untuk Calon Presiden dan Wakil Presiden saja,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kotamobagu, Musly Mokoginta, saat dikonfirmasi BULAWANEWS.COM mengatakan, pihak seharusnya KPPS tidak menyalahkan Pengawas. Karena sebagai Ketua, dia tahu aturan.

“Walaupun begitu kejadiannya, tapi KPPS jangan hanya menyalahkan Pengawas TPS, mereka kan tau aturan juga, dan jelas tidak bisa. Apakah semua yang dikatakan pengawas, meskipun salah harus diikuti, kendati mereka tahu, hal itu tidak bisa, dan Intinya siapa yang terlibat akan di proses, “ ujar Musly.

Di sisi lain, anggota KPU Kotamobagu, Herdi Dayoh, membenarkan PSU di TPS 13, hanya untuk Pilpres, dan format anggota KPPS nya tidak berubah

“PSU di TPS 13 hanya untuk Pilpres, dengan format KPPS yang sama, “ ucap Herdy. (David)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Puskesmas Gogagoman Beri Pelayanan Kesehatan Kepada Puluhan Naker

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Guna melindungi kesehatan bagi pekerja Informal Puskesmas Gogagoman kembali melaksanakan Pos UKK ...