Wabub Amin Haras Hadiri Sosialisasi Peta Indikatif Areal Perhutanan Sosial
Wabub Amin Haras saat menghadiri sosialisasi. Senin (29/4)/Foto: Dahlan

Wabub Amin Haras Hadiri Sosialisasi Peta Indikatif Areal Perhutanan Sosial

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras menghadiri kegiatan Sosialisasi Perhutanan Sosial dan Peta Indikatif Areal Perhutanan Sosial, yang berlangsung di Aula Kantor Desa Kenari Kecamatan Lemito. Senin, (29/4/2019)

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Perhutanan Sosial (BPS) dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Sulawesi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Adapun tujuan kegiatan dilaksanakan, guna mensosialisasi tentang tata cara dan wacana penggunaan areal kawasan hutan yang dikelola masyarakat dalam kegiatan pertanian.

Dikatakan Wabup Amin, bahwa Pemkab Pohuwato sangat merespon kegiatan ini. Menurutnya Kabupaten Pohuwato memiliki luas wilayah hutan yang cukup besar, dan sangat berpotensi digunakan sebagai lahan pertanian.

“Berbicara mengenai luas wilayah hutan, Pohuwato memiliki lahan yang cukup besar. Dan masyarakat, khususnya para petani sangat menggantungkan kehidupannya dengan bercocok tanam. Kawasan hutan bisa dijadikan lahan pertanian dan para petani tentunya sangat berharap lahan yang berada di kawasan hutan lindung bisa dikelola untuk lahan pertanian secara legal, “ ujar Wabub.

Lebih lanjut dikatakan wabub, sebagian besar masyarakat petani di Pohuwato bahkan sudah terlanjur mengelola pertanian di kawasan-kawasan hutan termasuk di kawasan hutan lindung. Kini dengan adanya program Pemerintah Pusat yang memberikan izin mengelola hutan, maka akan sangat membantu masyarakat.

“Dengan adanya program Perhutanan Sosial, masyarakat akan diberi kemudahan dalam mengelola lahan di wilayah hutan secara legal. Tapi tentunya harus mematuhi ketentuan aturan yang berlaku. Dengan mengurus izin pinjam pakai selama 35 tahun, dan tidak diperbolehkan menjual lahan tersebut,“ ungkap wabub

Nantinya semuanya akan didata, lanjut wabub. Terutama prioritas yang ada di gunung-gunung atau perkebunan rakyat, tidak termasuk areal hutan bakau. Selanjutnya mungkin akan ada program lanjutan, seperti bantuan bibit, benih dan lainnya bagi para petani.

“Kalau hak kelola sudah diberikan dan di fasilitasi, maka hal ini sangat bagus. Pemda pun bisa melegitimasi atau mengintervensi dengan program tambahan kedepan. Kita berdoa saja semoga secepatnya hal ini dapat terwujud, kepada para Kades diharapkan dukungan terutama data petani yang ada di wilayah kawasan hutan lindung, “ tutup wabub. (Dahlan)

Apa reaksi Anda tentang artikel ini ?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

FUN BIKE HUT Syah Ke – 4, Bupati Pohuwato Ajak Bersepeda Sambil Menikmati Udara Segar

POHUWATO, BULAWANEWS.COM –  Fun Bike dalam rangka perayaan HUT Syah ke-4 yang diikuti komunitas sepeda ...