Wabup Amin Haras Buka Pelatihan BPD Se-Kabupaten Pohuwato
Wabub Amin Haras saat penyematan Kartu peserta pelatihan BPD/Foto: Dahlan

Wabup Amin Haras Buka Pelatihan BPD Se-Kabupaten Pohuwato

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Pohuwato menggelar Pelatihan Kapasitas kepada 485 Badan Pemusyawaratan  Desa (BPD) Se-Kabupaten Pohuwato Periode 2018-2024.

Pelatihan BPD ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras, bertempat di Hotel Golden Sri. Selasa (23/4/2019)

Dalam sambutannya, wabup mengatakan, bahwa BPD merupakan Lembaga Perwujudan Demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Kapasitasnya dianggap sebagai parlemennya desa, sejak zamannya era Otonomi Daerah di Indonesia.

Begitupun para anggota BPD, mereka adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan wilayah yang ditetapkan dengan cara pemilihan langsung.

“BPD sebagai perwujudan demokrasi, keanggotaannya bukan berdasarkan penggolongan. BPD adalah Lembaga Permusyawaratan Desa yang berfungsi sebagai lembaga legislasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa, “ ungkap Wabup.

Wabup juga menilai, peran BPD sangat diharapkan, terutama dalam memperjuangkan kepentingan dan kebutuhan masyarakat miskin yang ada di dusun atau di wilayah masing-masing, ketika pengusulan dalam penyusunan APBDes.

“Karena bapak dan ibu dipercayakan oleh masyarakat duduk di BPD,maka harus sudah menguasai permasalahan yang ada di wilayah itu. Contohnya, di satu dusun membutuhkan drainase skala kecil, maka usulan itu disampaikan langsung ke Kades, sehingga anggarannya bisa dikawal untuk masuk pada RKPDes, “ terang Amin.

Di sisi lain, Kadis PMD Tasrief Haras menyampaikan, bahwa kegiatan pelatihan BPD ini bertujuan memberikan pemahaman awal mengenai hak, kewenangan dan fungsi BPD.

“Kegiatan ini dilaksanakan, guna memberikan pemahaman kepada para BPD, dan kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, mulai dari tanggal 23 hingga 29 April 2019, dan dilakukan bertahap, diikuti oleh 485 BPD dari 69 desa dari 13 Kecamatan Se-Kabupaten Pohuwato, “ ujar Kadis. (Dahlan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Bupati Syarif Mbuinga Pimpin Upacara Hari Peringatan Kebangkitan Nasional Ke-111 Tahun 2019

Bupati Syarif Mbuinga Pimpin Upacara Hari Peringatan Kebangkitan Nasional Ke-111 Tahun 2019

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ...