Bupati Syarif Mbuinga Pimpin Upacara Hari Peringatan Kebangkitan Nasional Ke-111 Tahun 2019
Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, saat menyampaikan pidato Harkitnas ke 111 Tahun 2019/Foto: Dahlan

Bupati Syarif Mbuinga Pimpin Upacara Hari Peringatan Kebangkitan Nasional Ke-111 Tahun 2019

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-111, Senin 20 Mei 2019.

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Pohuwaton Syarif Mbuinga, berlangsung di Halaman Kantor Bupati, dan diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Pohuwato.

Dalam sambutan, bupati membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara. Ia menyampakan bawa peringatan hari kebangsaan nasional tahun ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks sumpah palapa.

“Saat ini bangsa berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita,” ungkap Syarif.

Telah lebih dari satu abad, lanjut bupati, bangsa ini menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa. Hal itu ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo, yang mana dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan ditingkah bentang geografis merupakan salah satu yang paling ekstrem namun kita mampu membuktikan menjaga persatuan sampai detik ini.

“Oleh karena itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerengganan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan indonesia,” ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa peringatan Harkitnas kali ini bertepatan dalam suasana bulan ramadhan. Oleh karena itu, bupati mengajak seluruh masyarakat agar fokus beribadah

“Bagi umat Muslim, bulan suci ramadhan ini menuntut kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT, seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah. Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan ramadhan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita, “ jelas bupati.

Hadir dalam kegiatan, Wabup Amin Haras, Forkopimda, Sekda Djoni Nento beserta Pejabat teras Pemda dan ASN di lingkungan Pemda Pohuwato.  (Dahlan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Wabup Pohuwato Hadiri Rakor Antisipasi Corona di Kota Gorontalo

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Terkait merebaknya virus corona atau covid 19 di seluruh Indonesia, Pemerintah Provinsi ...