Di Pohuwato, Mulai dari Kades Hingga Perangkat Desa Kecipratan THR
Bupati Pohuwato Syarif Mbungia/Foto: Istw

Di Pohuwato, Mulai dari Kades Hingga Perangkat Desa Kecipratan THR

POHUWATO,BULAWANEWS.COM – Bupati Kabupaten Pohuwato, Syarif Mbuinga, memastikan para aparat desa, mulai dari Kepala Desa, BPD, para Bendahara, Sekretaris hingga Kepala Dusun, tahun ini akan menerima Gaji 13, atau Tunjungan Hari Raya (THR) sebesar satu bulan gaji.

Hal ini diungkapkan bupati belum lama ini, saat mengambil sumpah jabatan 483 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masa bakti 2019 – 2024 se Kabupaten di Gedung Ichsa.

“Kita tidak coba mau melihat seperti dikompetisikan, tetapi kita mengukur dari tugas dan tanggung jawab mereka yang besar. Maka dari itu, pemerintah daerah harus juga memperhatikan kesejahteraannya mereka, “ ujar bupati.

Menurutnya, hal ini adalah terobosan, dan kepedulian pemerintah dalam menu baru, yakni pemberian gaji 13 kepada seluruh aparat desa.

“Kepada mereka (Aparat Desa-Red), akan diberikan THR disaat hari-hari besar sesuai dengan agama dan keyakinan dari aparatur pemerintah desa, termasuk BPD. Dan kepada mayoritas muslim akan segera diberikan pada saat menjelang Idul Fitri,” ungkap Bupati Syarif.

Adapun total jumlah Kepala Desa sebagaimana jumlah desa di Kabupaten Pohuwato yakni 101 orang. Sementara untuk jumlah Perangkat Desa itu bervariatif, ada yang memiliki 10 hingga 11 orang perangkat desa. Begitupun untuk anggota BPD, jumlahnya bervariatif antara 5 hingga 9 orang dalam setiap desa.

“Menyangkut penyesuaian penghasilan Kepala Desa dan Perangkat Desa sesuai dengan PP terbaru dari penyampaian Presiden, bahwa Gaji Kepala Desa dan Perangkat Desa itu disamakan dengan PNS Golongan 2A. Alhamdulillah Pohuwato itu selisihnya kurang sedikit. Tetapi Insya Allah dalam waktu dekat pemerintah daerah akan segera melakukan penyesuaian gaji sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang terbaru,” tambahnya.

Dijelaskan bupati, terkait anggaran pembayaran gaji 13 kepada Perangkat Desa ini, sumbernya berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang tertata di APBDes, dari anggaran APBD Pemda Pohuwato.

BERIKUT RINCIAN THR APARAT DESA:

Kepala Desa: Rp2.100.000,

Sekdes dan Bendahara Desa: Rp1.470.000

Operator Desa: Rp1.250.000,

Kepala Seksi dan Kepala Dusun: RP1.050.000.

Kepala Dusun dan  Ketua BPD: Rp1.500.000,

Sekretaris BPD: Rp1.250.000

Anggota BPD: RP1.050.000

(Dahlan)

Apa reaksi Anda tentang artikel ini ?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Syah Ukir Prestasi Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Dari Kemenkumham RI

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Akhir tahun 2019 Kabupaten Pohuwato mengukir prestasi lewat duet kepemimpinan Bupati dan ...