Caption Pic. Sekkot Adnan Massenae saat menyerahkan zakat fitrahnya melalui UPZ Mesjid Baitul Makmur Rabu (15/5/19)

Keluarkan Zakat Fitrah Dengan Beras, Sekkot Jadi Teladan

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Sebaik-baik perintah itu adalah teladan. Mungkin ungkapan ini sangat tepat disandangkan kepada Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Hi Adnan Massenae, yang siang tadi (15/5/19) langsung menunaikan zakat fitrahnya menggunakan beras, dan diterimakan oleh pengurus UPZ dan Baznas di Mesjid Agung Baitul Makmur.

Sesuai imbauan BAZNAS Kotamobagu dan SK Kantor Kementerian Agama Kotamobagu Nomor: P.04/Kk.23.09.04/BA.03.2/05/2019 Tentang Penetapan Zakatul Fitri, bahwa pada tahun ini masyarakat Kotamobagu diimbau untuk menggunakan beras dalam menunaikan kewajiban zakat fitrah.

Sebagai makanan pokok sehari-hari, beras dianggap lebih utama dibandingkan menggunakan uang.

Menurut salah satu Komisioner Baznas Kota Kotamobagu yang membidangi Admin, SDM dan Umum, Jainudin SP, Baznas berupaya menyosialisasikan ini hingga ke seluruh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kelurahan dan Desa, agar dari pengurus UPZ ini imbauan ini bisa diteruskan ke masyarakat.

“Kita butuh waktu dan proses untuk bisa membalikkan pemahaman masyarakat yang kadong telah lama dan nyaman menggunakan uang dalam menunaikan zakat fitrahnya selama ini. Sudah jadi kewajiban kami untuk menyampaikan hal ini”, ujarnya.

Lanjutnya lagi, Baznas juga telah menurunkan Surat Pemberitahuan dan SK Kemenag mulai hari ini ke seluruh UPZ kelurahan/desa yang ada, termasuk pada sangadi dan lurah. Namun demikian, masyarakat yang terpaksana mengeluarkan zakat fitrahnya dalam bentuk uang, Kemenag juga masih memberikan penetapan harga beras yang tahun ini dibagi hanya menjadi dua kelas, yakni kelas I untuk beras kualitas premium seharga Rp 28.750,- per jiwa, dan kelas II untuk beras kualitas sedang atau biasa, seharga Rp 26.250,- per jiwa

Sumber : Humas Baznas Kotamobagu 

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

PLN Beri Diskon 100 Persen untuk Tambah Daya Listrik di Rumah Ibadah

Pada momen Ramadan dan Lebaran tahun ini, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo UP3 ...