Sekda Pohuwato Buka Kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Terkait Izin Lingkungan
Sekda Djoni Nento saat membuka kegiatan Pembinaan Ketaatan Pelaku Usaha/Foto: Dahlan

Sekda Pohuwato Buka Kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Terkait Izin Lingkungan

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Mewakili Bupati Pohuwato, Sekda Djoni Nento membuka kegiatan Pembinaan Ketaatan Pelaku Usaha yang berkaitan dengan Izin Lingkungan dan Izin Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup, di Aula Dinas Lingkungan Hidup. Jumat (3/5/2019)

Dikatakan Sekda Djoni, bahwa di  dalam Undang-Undang Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 1984 disebutkan, pemerintah dan perusahaan sama-sama punya tugas dan kewajiban, dimana peran Pemda sebagai regulasi, pengawas, pengendali, memberikan sosialisasi, dan memberikan penyuluhan serta memberikan pendampingan.

Sementara untuk perusahaan punya kewajiban sebagaimana yang diatur pada pasal 21, bahwa setiap perusahaan wajib menjaga lingkungannya masing-masing, apakah lingkungan di dalam lingkup perusahannya maupun linkungan dampak dari kegiatan perusahaan itu.

Oleh karena itu, dalam pemberian izin, kewajiban pemerintah memfasilitasi perusahaan, dan kewajiban perusahaan menyampaikan. Terutama menyangkut limbah-limbah yang ada.

“Dalam hal ini perlu arahannya kemana, karena setiap elemen masyarakat ketika dia merasa terganggu dengan kegiatan seseorang atau badan usaha, apalagi menyangkut pencemaran lingkungan, maka warga berhak menuntut, itu amanat undang-undang, “ ujar Sekda.

Menurutnya, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana yang diamanatkan UUD Nomor 32 Tahun 2019, itu mencakup beberapa keharusan.

“Sebagaimana amanat UUD, dimana perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan dan penegakan hukum yang dilakukan sistematis dan terpadu, semata untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup, guna mendukung upaya peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup manusia secara berkesinambungan, “ jelas Sekda.

Di sisi lain, Kadis DLH Bahari Gobel mengatakan, bahwa kegiatan yang berlangsung sehari ini diikuti  oleh pimpinan dan perwakilan perusahaan yang ada di Pohuwato dengan menghadirkan narasumber dari DLH dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, bersama DLH Pohuwato serta unsur Polres Pohuwato.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, bisa menambah ketaatan perusahaan, dalam melaporkan kegiatan usahanya, sebagaimana amanat perundang-undangan yang berlaku, terutama menyangkut pencemaran lingkungan. (Dahlan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Wabup Pohuwato Hadiri Rakor Antisipasi Corona di Kota Gorontalo

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Terkait merebaknya virus corona atau covid 19 di seluruh Indonesia, Pemerintah Provinsi ...