Terkait Pengawasan, Wabub Pohuwato Sebut Camat Wakili Kewenangan Bupati
Wabub Amin Haras saat pertemuan dengan Kepala Desa dan Camat beberapa waktu lalu/Foto: Dahlan/hms Pohuwato

Terkait Pengawasan, Wabub Pohuwato Sebut Camat Wakili Kewenangan Bupati

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Dalam pengawasan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) di desa-desa yang ada di Kecamatan, adalah salah satu tugas dan kewenangan Bupati. Menindak lanjuti tugas itu, maka Camat yang ada di wilayah, secara jenjang ke pemerintahan, mengemban tugas tersebut

Hal ini dikatakan Wakil Bupati (Wabub) Amin Haras, dalam sebuah pertemuan dengan para aparat desa, beberapa waktu lalu.

“Dalam rangka melakukan pengawasan termasuk dengan pengelolaan keuangan desa, itu kewenangan Bupati, dan peran itu, diwakili oleh Camat yang ada di wilayah, “ ungkap Amin.

Adapun maksud pengawasan, lanjut wabub, yakni mulai dari perencanaan, penyusunan APBDes sampai pada pelaksanaannya. Hal ini agar pemanfaatan APBDes benar-benar berjalan sesuai dengan program desa.

“Dengan kewenangan ini, maka Camat berkewajiban melakukan pengawasan, verifikasi penyusunan APBDes, agar supaya berjalan sesuai relnya, tolong ini menjadi perhatian untuk semua Camat, “ imbau wabup.

Djelaskannya, bahwa peran Camat begitu besar dalam hal pengawasan anggaran di desa. Dan bagi kami selaku pimpinan daerah, tidak mungkin tiap hari harus berurusan dengan sekian ratus desa yang ada, sehingga itu kewenangannya berjenjang, dan Camat mewakilinya.

Lanjutnya, menyangkut program yang ada di desa, Pemda memnta agar mengutamakan ekonomi kerakyatan, termasuk program sanitasi, dan berharap menjadi perhatian serius Selain itu pula masalah stunting, yang akan bekerjasamanya dengan Dinas Kesehatan Pohuwato.

“Antisipasi penurunan stunting, terutama kepada ibu-ibu hamil, agar bisa beroleh asupan makanan bergizi yang anggarannya ada di desa. Maka tu, kerjasama dengan Posyandu maupun Puskesmas perlu dlakukan, guna mengantisipasi stunting di daerah kita, “ ungkap wabub.

Menurutnya, meski Kabupaten Pohuwato belum berada di zona menghawatirkan, tetapi persoalan ini harus ada antisipasi dari sekarang.

“Setiap 1.000 hari kelahiran sudah harus diberikan asupan yang bergizi, supaya janin lahir sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Kemudian Insya Allah menjadi generasi di masa yang akan datang, “ pungkas Wabup Amin Haras. (Dahlan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Wabup Pohuwato Hadiri Rakor Antisipasi Corona di Kota Gorontalo

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Terkait merebaknya virus corona atau covid 19 di seluruh Indonesia, Pemerintah Provinsi ...