Antisipasi Tanggul Jebol, Pemkab Pohuwato Canangkan Penghijauan Dibantaran Sungai
Wabup Amin Haras, saat meninjau lokasi sungai di Kecamatan Randangan dan Patilanggio/Foto: Dahlan

Antisipasi Tanggul Jebol, Pemkab Pohuwato Canangkan Penghijauan Dibantaran Sungai

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Mengantisipasi terjadi jebolnya tanggul di bantaran sungai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato mencanangkan penghijauan di sepanjang pinggiran tanggul yang ada di Kecamatan Randangan dan Kecamatan Patilanggio.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Pohuwato, Amin Haras, saat memimpin rapat koordinasi bersama Camat dan Instansi terkait di Kecamatan Randangan, Selasa 25 Juni 2019.

Ia menyampaikan, bahwa untuk menjaga tanggul dari kikisan air sungai, perlu adanya penghijauan, dengan menanami pohon-pohon yang kuat dari serangan air. Terutama ketika air sungai naik, jika terjadi hujan deras.

“Tanaman atau pohon yang dimaksudkan berupa pohon bambu yang dipandang sangat kuat mengantisipasi debit air, terlebih ketika pohon bambu itu sudah mengakar dan padat, maka bisa mengantisipasi derasnya air sungai ketika banjir, “ jelas wabup.

Menurut wabub, pohon-pohon bambu ini sangat diharapkan dapat menahan ancaman air deras yang akan mengikis pinggiran tanggul tersebut.

“Ketika saya meninjau tanggul yang jebol, terpikir dibenak saya bagaimana sepanjang tanggul ini ada tanaman atau pohon yang dapat melindungi bibir-bibir tanggul dari abrasi sungai, “ ungkap wabup.

Oleh karena itu, wabub berharap kepada Camat Randangan dan Camat Patilanggio untuk memperhatikan hal tersebut. Sebab keberadaan tanggul berada di dua wilayah tersebut. Wabub juga mengakui, bahwa ketika musim penghujan, sungai Randangan airnya sangat deras, bahkan kerap meluap ke pemukiman dan menggenangi ratusan hektare lahan pertanian warga.

Wabup Amin berharap, para instansi terkait segera mencarikan solusi, melalui konsep untuk menangani tanggul, agar tidak lagi jebol ketika musim hujan. Ia juga meminta kepada satuan OPD terkait, terutama DLH untuk bisa menyiapkan bibit-bibit pohon tersebut. (D.Hapulu)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Pemkab Pohuwato dan Pemprov Banten Gelar Pembinaan Kepada Para Transmigran

Pemkab Pohuwato dan Pemprov Banten Gelar Pembinaan Kepada Para Transmigran

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten Pohuwato, serta Pemkab Boalemo menggelar kerjasama ...