Jajaran Pimpinan DPRD Pohuwato Tinjau Lokasi Banjir di Kecamatan Patilanggio
Jajaran Pimpinan DPRD Pohuwato saat meninjau lokasi banjir di Desa Dulomo, Kecamatan Patilanggio/Foto: Dahlan

Jajaran Pimpinan DPRD Pohuwato Tinjau Lokasi Banjir di Kecamatan Patilanggio

POHUWATO,BULAWANEWS.COM – Akibat guyuran hujan deras, beberapa hari lalu mengakibatkan sebagian desa di Kecamatan Patilanggio, Kabupaten Pohuwato terendam banjir. Untuk memastikan keadaan di wilayah tersebut, jajaran Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pohuwato langsung meninjau lokasi banjir.

Setelah mendapat informasi dari pemerintah kecamatan, rombongan DPRD Pohuwato yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Nasir Giasi, pun segera bergerak menuju Desa Dulomo. Senin(18/6/2019).

Turut bersama Ketua DPRD, ada juga Wakil Ketua Syaiful Mbuinga dan Ketua Komisi III Beni Nento, serta unsur Pemerintah Daerah dari Dinas Pekerjaan Umum Pohuwato.

Saat tiba lokasi, meski dalam kondisi hujan, para Aleg Dekab Pohuwato langsung mengunjungi rumah warga yang terendam banjir, guna mengecek keadaan masyarakat setempat.

“Hari ini kami sudah melihat langsung kondisi yang ada, Ini harus segera ditangani oleh Pemerintah melalui instansi terkait seperti Dinas PU, Badan Nasional Penanggungalangan Bencana (BNPB), Perkim, Dinas Sosial hingga Dinas Kesehatan. Jangan dibiarkan berlarut-larut, “ ujar Nasir.

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Balai Sungai. Menurutnya, banjir yang melanda desa tersebut juga diakibatkan karena jebolnya tanggul.

“Kami akan koordinasi dengan pihak Balai Sungai. Karena inti dari musibah banjir ini disebabkan oleh jebolnya beberapa titik tanggul yang merupakan tanggung jawab Balai Sungai. Jika memungkinkan kami akan kunjungi pihak Balai untuk memintakan penjelasan terkait hal ini.Sebab,  hal ini sudah berulang kali terjadi, “ tegas ketua Dekab.

Nasir Giasi juga menghimbau kepada warga, terutama kepada para petani didesa agar bersabar menghadapi musibah tersebut.

“Saya meminta kepada warga dan para petani mohon bersabar dan tabah menghadapi semua ini. Mari kita jadikan pembelajaran, Insyaa Allah semua ada hikmahnya. Untuk warga korban banjir, nantinya akan ditangani oleh dinas terkait, “ ungkap Nasir

Sementara itu, warga yang berprofesi sebagai petani merasa sedih. Sebab tanaman yang menjadi mata pencaharian mereka jadi gagal panen.

“Akibat kejadian ini, tanaman jagung yang sudah hampir siap panen habis terendam banjir, saya dan teman-teman lain jadi gagal panen, “ ungkap Mutar Usman, warga desa setempat. Kami juga berharap kepada instansi terkait, agar segera menangani kejadian ini, terutama memperbaiki tanggul-tanggul yang jebol, “ imbuhnya. (D,Hapulu)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Pemkab Pohuwato dan Pemprov Banten Gelar Pembinaan Kepada Para Transmigran

Pemkab Pohuwato dan Pemprov Banten Gelar Pembinaan Kepada Para Transmigran

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten Pohuwato, serta Pemkab Boalemo menggelar kerjasama ...