Wabup Amin Haras Buka Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis IT di Manado
Wabup Pohuwato, Amin Haras, saat membuka Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa/Foto: Dahlan

Wabup Amin Haras Buka Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis IT di Manado

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato menggelar Sosialisasi Implementasi Pengelolaan Keuangan Desa berbasis IT, kepada para aparatur desa Se-Kabupaten Pohuwato.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Pohuwato, Amin Haras, di Ballroom Hotel Aston Manado. Selasa 18 Juni 2019.

Dalam sambutannya, Wabup  Amin Haras  mengucapan selamat kepada seluruh jajaran pemerintah desa yang hadir dalam Sosialisasi Implementasi Pengelolaan Keuangan berbasis IT.

“Pada tahun 2018 kemarin, pengelolaan keuangan desa masih menggunakan sistem nontunai. Sehingganya, tahun ini Pemda Pohuwato menerapkan kepada desa untuk belajar pengelolaan keuangan yang baik berbasis IT, “ ujar wabub.

Menurutnya, Pemda Pohuwato sangat menginginkan desa-desa di Pohuwato sudah bisa menggunakan fasilitas internet. Namun karena sarananya terbatas dan belum memadai, maka belum bisa dilakukan secara keseluruhan.

“Besar keinginan pemerintah untuk mensosialisasikan keuangan berbasis internet ke tiap-tiap desa, akan tetapi masih ada kekurangan berupa pasilitas internet yang belum bisa terpasang jaringannya ke seluruh desa, “ ungkap Wabup Amin

Lanjut wabub, bahwa melalui jaringan internet yang memadai, transparansi pengelolaan keuangan di desa akan berjalan dengan sangat transparan.

Wabub juga menuturkan betapa pentingnya jaringan internet. Dengan adanya akses ini, Ia menilai akan mempermudah pelayanan atau kegiatan proses pengelolaan keuangan yang ada di desa itu sendiri.

“Laporan keuangan di desa bisa juga sebagai rujukan tambahan laporan keungan di daerah, sehingga pemerintah daerah bisa meraih penghargaan WTP dari BPK RI, “ jelas wabup.

Kurang lebih Rp54 Miliar, lanjut wabub, pemerintah daerah telah memberikan bantuan keuangan di desa Se-Kabupaten Pohuwato. Maka, wabub berharap kedepannya para Camat harus  mengkordinasikan penerapan sistem berbasis IT, yang rencananya akan realisasikan pada bulan juli tahun ini.

Turut hadir dalam kegiatan, perwakilan 101 desa Se-Kabupaten Pohuwato, para Camat, Sekretaris Camat, Kaban Keuangan Pohuwato Iskandar Datau, Kepala Inspetorat Daerah Trizal Etengo, Kepala Dinas PMD Tasrif Haras bersama jajaran, dan direksi Bank SulutGo serta Kepala Bank Sulutgo Marisa Supriyanto Katili bersama jajaran (D.Hapulu)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Sekda Pohuwato, Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Peningkatan dan Produktivitas BLK

POHUWATO,BULAWANEWS.COM-. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pohuwato, Djoni Nento hadiri sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Berbasis ...