Pemkab Pohuwato Berikan Tanah Hibah untuk Pembangunan 5 Markas Koramil

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Peduli akan masalah keamanan di wilayah kecamatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato memberikan bantuan hibah, berupa 5 bidang tanah kepada jajaran TNI AD, untuk dijadikan lokasi Markas Militer.

Adapun tujuan bantuan ini, guna mempercepat pendirian Markas Komando Rayon Militer (Koramil) di beberapa wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Pohuwato, demi memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Dokumen Tanah hibah ini, diberikan langsung oleh Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras kepada Kepala Staf TNI AD Jenderal Andika Perkasa, saat Audiensi di Markas Besar TNI AD, Jakarta. Pada Selasa, (23/7/2019).

Pertemuan Audiensi yang difasilitasi oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, juga diikuti oleh para Bupati/Wali Kota se-Provinsi Gorontalo.

Pada kesempatan itu, Wabup Amin Haras menyatakan, bahwa Pemkab Pohuwato juga menyiapkan lahan tanah untuk pembangunan Markas Komando Batalyon Angkatan Darat.

Menurutnya, dengan adanya Kodim di Kabupaten Pohuwato, maka keberadaan Koramil juga sangat dibutuhkan. Apalagi keberadaan Koramil yang ada di wilayah barat Provinsi Gorontalo ini, baru ada 3 markas Koramil.

“Sehingga itu Pemda Pohuwato telah menyediakan lahan tanah untuk pembangunan markas Koramil di lima wilayah kecamatan, “ kata wabup.

Wabup juga meyakinkan, bahwa Pemda Pohuwato juga telah menyiapkan dokumen lahan, agar rencana pembangunan Markas Batalyon di Kabupaten Pohuwato bisa segera dibangun.

“Keberadaan Markas Batalyon sangat mendukung pembinaan keamanan di wilayah Kabupaten Pohuwato, yang juga bagian keamanan di Provinsi Gorontalo, “ ungkap Amin Haras.

Dikesempatan itu, Wabup juga menjelaskan kondisi daerah Pohuwato, yang ada di wilayah perbatasan antara Gorontalo dan Poso. Ia menilai, daerah perbatasan masih rawan akan konflik.

“Daerah kita adalah daerah perbatasan dengan wilayah yang sering terjadi konflik. Apalagi sebelumnya pernah masuk teroris-teroris di wilayah Poso. Oleh karena itu, kita butuh Markas Batalyon untuk membackup keamanan di Pohuwato, “ terang Wabup Amin.

Meski pembangunan Markas Batalyon baru sebatas usulan, namun Wabup Amin memastikan kepada Kasad TNI AD, bahwa pemkab telah siap menyediakan lahan.

“Apabila usulan ini terwujud, maka pembangunannya, akan didirikan di wilayah Popayato Group, “ imbuh Amin.

Sementara, untuk pembangunan 5 Markas Koramil dipastikan pembangunannya di tahun 2020. Adapun lokasi pembangunan Koramil tersebut, rencananya akan di bangun di masing wilyah, mulai dari Kecamatan Randangan, Taluditi, Wanggarasi, Lemito dan Kecamatan Popayato Barat.  (D.Hapulu).

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Wawali Nayodo Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah

Ktamobagu__Wakil Walikota (wawali) Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, S.H., mewakili Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, menghadiri ...