Sambut Idul Adha, Pemkab Pohuwato Gelar Rapat TPID

POHUWATO, BULAWANEWS.COM — Menjelang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, yang tinggal menghitung hari, Pemda Pohuwato menggelar Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Senin, (29/7/2019).

Rapat yang dilaksanakan di ruang pola Kantor Bupati, dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Amin Haras, yang turut didampingi Sekda Djoni Nento, dan Asisten Pembangunan dan Ekonomi Rusmiyati Pakaya.

Wabup Amin mengatakan, bahwa rapat digelar dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 11 Agustus 2019.

Menurutnya, Pengendalian inflasi merupakan tugas Pemerintah Daerah dalam menjaga keseimbangan dari kebutuhan pokok yang ada. 

Untuk itu, wabup memandang perlu adanya evaluasi harga sembako di pasaran, terutama peran dari Dinas terkait dari Perindagkop, Dinas Pangan, Dinas Pertanian, juga Dinas Perikanan.

Kemudian disamping itu menjaga produksi bahan sembako, serta menjamin ketersediaan stok, agar tidak terjadi lonjakan harga. Demikian juga kebutuhan lainnya yang senantiasa ini dijaga dan jangan sampai terjadi lonjakan harga yang mengakibatkan daya beli masyarakat menurun. 

“Inflasi itu adalah keseimbangan. Artinya, harga masih bisa terjangkau oleh masyarakat. Misalnya tidak naik terlalu tinggi dan juga tidak juga turun terlalu rendah atau terjadi deflasi. Karena jika turun terlalu rendah, maka yang akan merasakan juga adalah masyarakat kita atau produsen juga yang akan mengalami penurunan, ” jelas wabup.

 Untuk itu, wabup meminta kepada pemda, dalam hal ini dinas terkait, bisa berperan, dalam memantau l perkembangan kebutuhan pokok yang ada. 

“Biasanya jika terjadi kelangkaan akan menimbulkan lonjakan harga, maka bagaimana pengaturan distribusi. Peran dari Dinas Kominfo memantau atau melihat dimana kira-kira kita mendapatkan kekurangan tersebut. Olehnya jauh hari sebelumnya bisa diantisipasi lonjakan dan jika terjadi maka lakukan koordinasi penyebab dari lonjakan tersebut sehingga tidak terjadi fluktuasi harga, ” jelas wabup.

Hadir dalam Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), diantaranya, Dinas Pangan, Dinas Pertanian, Disperindagkop, Dinas Perikanan, dan Dinas Kominfo. (D.Hapulu)

 

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Wali Kota Tatong Bara Dinobatkan Menjadi Bunda Genre Kotamobagu

ADVETORIAL, BULAWANEWS.COM – Wali Kota Ir Tatong Bara dinobatkan sebagai Bunda GenRe (Generasi Berencana)  Ini ...