Budi Prayitno demontrasikan ponsel pintar kepada salah satu peserta/ foto: rby/Bulawanews.com

BPBD Kotamobagu Simulasikan Penggunaan Ponsel Pintar Sebagai Alat Tanggap Bencana

KOTMOBAGU,BULAWANEWS.COM,-  Bertempat di balai desa Bilalang II kecamatan Kotamobagu utara, BPBD Kotamobagu melalui bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, melakukan sosialisasi kepada masyarakat cara penggunaan ponsel pintar sebagai alat tanggap bencana di era tehnologi sekarang ini.

Di masa sekarang, pada umumnya masyarakat menggunakan handphone android berbagai merek dengan berbagai aplikasi pendukung yang terkoneksi langsung dengan satelit.

“ Melalui titik koordinat dengan menggunakan fasilitas GPS, lokasi bencana dapat dilihat dan diketahui melalui handphone android berbagai merek,” papar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Budi Prayitno. Kamis (15/8/2019).

Dia menambahkan, melalui simulasi ini, masyarakat lebih bijak dalam menggunakan ponsel dari semua kalangan untuk bereaksi tanggap dalam bencana.

“ Dengan kecanggihan teknologi saat ini, semua informasi yang menyangkut bencana alam dapat diketahui oleh setiap individu,” jelas Budi Prayitno.

Budi menyampaikan, dengan menggunakan aplikasi melalui google maps sangat diperlukan ketika evakuasi dalam menghadapi bencana alam.

“ Meskipun saat bencana gempa misalnya, aliran listrik padam serta tower tidak berfungsi, tetapi GPS tetap berfungsi dan titilk bencana dapat diketahui untuk segera malakukan evakuasi,” urai Budi Prayitno.

Hadir pada sosialisasi dan simulasi tersebut, kepala desa Bilalang II Rismawati Goni, perangkat desa, masyarakat Bilalang II sebagai peserta dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kotamobagu.(rby)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ketua DPRD Kotamobagu Pimpin Rapat Perdana

POLITIK,BULAWANEWS.COM – Pasca di lantik minggu lalu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DPRD Kotamobagu menggelar ...