Kepala Dinas PP dan KB Kotamobagu Aljufri Ngandu (bulawanews.com/rby)

Dinas PP dan KB Kotamobagu Lakukan Upaya Tekan Angka Perceraian

KOTAMOBAGU,BULAWANEWS.COM.- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP dan KB) Kota Kotamobagu turut andil dalam menekan angka perceraian yang terjadi disebabkan beberapa factor.

Seperti diungkapkan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Aljufri Ngandu, pemicu perceraian yang terjadi adalah melakukan pernikahan pada usia dini serta persoalan ekonomi didalam rumah tangga.

“PIK-R merupakan salahsatu program unggulan dalam pengendalian serta menekan angka perceraian,” jelas Aljufri Ngandu. Rabu (28/8/2019).

Dia menjelaskan Dinas PP dan KB melalui sekolah menengah umum, memberdayakan program Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) yang kegiatannya dikelola oleh dan dari remaja guna memberikan pelayanan informasi serta konseling reproduksi dan penyiapan kehidupan dalam berkeluarga.

“Usia ideal dalam kesiapan pada usia perkawinan, adalah untuk wanita usia 21 tahun dan pria pada usia 25 tahun,” sebut Aljufri Ngandu.

Dia menambahkan, pernikahan dini adalah salahsatu pemicu tingginya kasus perceraian yang terjadi akibat belum ada kedewasaan dan kesiapan dalam berumah tangga.

Pemicu perceraian tertinggi menurutnya lagi, adalah factor ekonomi dalam membiayai untuk kehidupan berumah tangga, sehingga pihaknya dengan program Ketahanan Keluarga melalui kader-kader penyuluh tersebut memberikan penyuluhan kepada kelompok ibu-ibu untuk mengelola usaha kecil guna mencukupi kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

“Sehingga dalam berumah tangga, kebutuhan ekonomi bisa terpenuhi ,” ucap Aljufri Ngandu.

Diapun berharap, melalui program-program yang sudah diupayakan oleh pemerintah Kota Kotamobagu melalui dinas PP dan KB, pengendalian penduduk dapat tercipta serta berkualitas sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup dalam rumah tangga.

“Dengan upaya-upaya yang sudah dilakukan, angka kemiskinan dapat dikurangi,” pungkasnya.(rby)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Pemkot Kotamobagu Akan Tertibkan Pasar Liar Eks Gudang Palapa

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Kota Kotamobagu akan segera menertibkan pasar liar yang berada di kelurahan ...