Dishub Pohuwato Terima Bantuan Kapal Pelayaran dari Kementerian Perhubungan

POHUWATO, BULAWANEWS.COM — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pohuwato melalui Dinas Perhubungan menerima bantuan Kapal Pelayaran dari Dirjen Perhubungan Laut. 

Bantuan yang diserahkan oleh Dirjen Perhubungan Laut, diterima langsung oleh Kadis Perhubungan Yunus Mohamad dii kantor Kementerian Perhubungan RI. Jumat, (02/08/2019) kemarin.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan Yunus Mohamad membenarkan hal tersebut. Ia menerangkan, bahwa bantuan Kapal berawal dari kegiatan Rapat Koordinasi Perhubungan yang dihadiri oleh seluruh Kabupaten Kota di Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu.

“Informasi bantuan ini kami terima saat menghadiri Rakor beberapa waktu lalu di kementerian. Ketika itu Dirjen memberikan peluang kepada daerah yang membutuhkan kapal pelayaran. Sehingganya usulan tersebut langsung ditindak lanjuti oleh Bupati Syarif Mbuinga, dan Alhamdulillah Pohuwato mendapat 1 buah Kapal Pelayaran, ” terang Yunus.

Kadis mengatakan, ada sekitar 50 daerah kabupaten kota yang mendapat bantuan kapal tersebut. Termasuk 2 Kabupaten di Provinsi Gorontalo. Diantaranya adalah Kabupaten Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo Utara.

Kadis menjelaskan, bahwa Kapal tersebut diperuntukkan khusus masyarakat Pohuwato. Namun untuk pengelolaannya masih akan dikaji lebih lanjut.

Menurut kadis, dalam pengelolaan kapal, ada beberapa opsi pilihan. Semuanya tidak menutup kemungkinan, baik itu dikelola oleh pihak ketiga, atau dikelola langsung oleh Dinas Perhubungan, ataupun dikelola langsung oleh masyarakat dalam bentuk koperasi, yang nantinya menjadi kapal pesiar atau kapal wisata.

Intinya, lanjut kadis, kapal tersebut bisa memberikan pemasukan ke pemerintah daerah, yang nantinya untuk biaya perawatan dan pemeliharaan.

Kadis berharap, agar pengelolaan kapal dapat dikerjasamakan atau di KSO ke masyarakat ataupun ke kelompok. 

“Harapannya, kapal dapat terpelihara dengan baik dan ketika ini di evaluasi pemanfaatannya oleh pemerintah pusat, kapal tersebut benar-benar dioperasikan dan terpelihara dengan baik, ” ungkap kadis.

Terinformasi, selain bantuan kapal pelayaran,Pemkab Pohuwato juga mendapat bantuan LPJU sebanyak 50 Unit untuk penerangan jalan trans, dengan pagu anggaran kurang lebih 1 Miliar. Kemudian ada juga bantuan Refly Player dengan nilai sebesar Rp 720.000.000.

“Untuk bantuan tersebut, Insya Allah akan beroperasi paling lambat bulan september 2019,” tutup Kadis Yunus Mohamad (D.Hapulu).

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Amin Haras Lantik Kepengurusan Forum WPA

  POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Pohuwato, Amin Haras melantik Pengurus ...