Tempak beberapa warga menerima bantuan BRS di aula Pemkot Kotamobagu(foto robby paputungan/bulawanews.com)

48 Warga Kotamobagu Terima Bantuan Rumah Swadaya Tahap Pertama

KOTAMOBAGU,BULAWANEWS.COM.-  Bertempat di aula kantor Pemkot Kotamobagu dipenuhi sebanyak 48 warga penerima Bantuan Rumah Swadaya (BRS) untuk tahap pertama.

Kepala bidang (Kabid) Perumahan dan Kawasan Pemukiman Chelsie Paputungan melalui staf pelaksana Samsu Daud mengatakan, warga penerima ini belum pernah menerima bantuan apapun berupa  Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Ada 195 penerima bantuan BRS yang ada di 21 desa dan kelurahan, dana tersebut bersumber dari dana DAK,” ucapnya, Kamis (19/9/2019).

Dia menjelaskan, terkait anggarannya kurang lebih Rp 3,6 miliar dan dicairkan saat ini sebesar 25 persen dari dana fisik.

Jadi 48 warga penerima BRS ini masing-masing mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 17,6 juta sudah termasuk upah kerja.

“Melalui bank penyalur, warga didaftarkan untuk membuka buku rekening, kemudian warga penerima menunjuk toko bahan bangunan untuk dibelikan bahan bangunan, jadi warga penerima tersebut menerima dalam bentuk bahan bangunan,” jelasnya

Sambung Samsu lagi, jadi warga tersebut tidak menerima dalam bentuk uang dan pihaknya sudah membangun kerjasama dengan beberapa toko penjual bahan bangunan.

“Mekanisme penerima bantuan adalah, si penerima sudah memiliki dana sendiri (swadaya) untuk membangun rumah, kemudian dana pribadi tersebut ditambahkan dengan dana bantuan BRS,” urai Samsu.

Menurutnya, memasuki BRS tahap kedua bantuan diberikan kepada warga yang lain, setelah pembangunan tahap pertama mencapai 95 persen.

“BRS tahap pertama ini penyerapannya hingga 21 Oktober nanti,” tutup Samsu.(rby)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

DLH Minahasa Selatan Kunjungi Bank Sampah DLH Kotamobagu

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kotamobagu hari ini Menerima kunjungan kerja ...