Walikota Kotamobagu Ir Hj tatong Bara meyerahkan bantuan ZIS kepad pengusaha kecil (foto istimews)a

BAZNAS Kotamobagu Dorong Ekonomi Kreatif

KOTAMOBAGU –Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kotamobagu tahun 2019 Masehi atau 1441 Hijriyah ini segera mengarahkan pendistribusian dan pendayagunaan Zakat, Infaq dan Sedakah (ZIS) untuk kegiatan usaha produktif dengan tingkat capaian lebih dari 130 persen.

Wakil Ketua IV Baznas Kotamobagu Komisioner Baznas Kotamobagu bidang Administrasi, SDM dan Umum serta Kehumasan Jainudin SP menyampaikan, ada beberapa mustahik penerima zakat mendapatkan modal usaha dan satu diantaranya menerima bantuan mesin jahit serta sambungan instalasi listrik, langsung diserahkan secara simbolis oeh Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara. Minggu, 1 September 2019 lalu.

“Diantaranya ada pula yang berprofesi sebagai pembuat keripik singkong, penjahit, hingga usaha pembuatan donat”, terang dia. Senin (2/9/2019) kemarin.

Ditambahkannya, mereka itu dipilih melalui seleksi dan survey factual, dan akan diberikan suntikan modal berupa peralatan kerja, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksinya, sehingga kedepan mampu menjadi usahawan mandiri.

“Memang tidak bisa sama antara satu usaha dengan lainnya. Kita menyuntikkan modal mulai dari lima jutaan. Jika berkembang bagus sesuai harapan, mereka para penerima manfaat ini diharapkan tidak lagi menjadi penerima, namun sudah bisa tumbuh berkembang menjadi muzakki yang akan memberikan zakat, infaq atau sedekahnya ke Baznas KK”, ujar Jainudin.

Menurut dia, pihaknya menargetkan, 30-35 persen dari total penyaluran ZIS tahun ini, bisa mendorong sektor pemberdayaan ekonomi kerakyatan bagi para pelaku usaha kecil menengah di Kota Kotamobagu, dalam upaya mengurangi tingkat kemiskinan.

Ketua Baznas Kota Kotamobagu Hi Rusdin Bonde SPdI berharap, ada perubahan cara pandang dan pola pikir masyarakat terhadap zakat itu sendiri

“Kedepan kita harus lebih banyak memberikan pancingnya saja kepada para mustahik, agar mereka bisa tumbuh dan mandiri melalui usaha ekonomi kreatif”, tutup Hi Rusdin Bonde salah satu imam di Mesjid Agung Baitul Makmur Kotamobagu.

Sumber: Humas Baznas Kota Kotamobagu

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ketua DPRD Kotamobagu Pimpin Rapat Perdana

POLITIK,BULAWANEWS.COM – Pasca di lantik minggu lalu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DPRD Kotamobagu menggelar ...